Riau  

Jokowi Resmikan Ruas Tol Pertama di Riau

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas jalan tol Pekanbaru – Dumai, yang merupakan bagian dari tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 kilometer. Ini merupakan ruas tol pertama di Provinsi Riau.

Tol yang membentang hingga 131,5 km ini memakan biaya investasi senilai Rp 12,18 triliun, yang dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero) selaku kontraktor dan pengelola jalan tol tersebut.

Peresmian tol kali ini digelar secara virtual untuk mencegah penyebaran wabah pandemi Covid-19. Jokowi meresmikan jalan tol tersebut di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Berbicara saat memberikan sambutan, Jokowi menyebut ruas jalan tol tersebut telah mengundang minat investor. Meski demikian, kepala negara tak menyebut secara spesifik siapa investor yang dimaksud.

“Saya dapat laporan, keberadaan jalan tol ini sudah mengundang minat investasi untuk mengembangkan usaha di sekitar jalur tol ini,” kata Jokowi, Jumat 25 September 2020.

Para investor, kata Jokowi, berminat untuk membangun kawasan industri, mengembangkan kawasan perumahan, hingga pariwisata di sekitar ruas tol tersebut. Hal ini, tentu bisa berdampak positif bagi perekonomian wilayah.

“Ini akan membuka lapangan kerja lebih banyak lagi,” kata eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi menegaskan, ketertarikan investor perlu disambut dengan cepat. Hal itu dilakukan agar pemerintah daerah, maupun masyarakat setempat bisa segera merasakan manfaat dari keberadaan ruas tol Pekanbaru – Dumai.

“Saya titip ke pemerintah dan warga masyarakat Pekanbaru Dumai agar memanfaatkan infrastruktur ini sebaik-baiknya,” jelasnya. (CNB)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *