Riau  

Ratusan Desa di Riau Belum Tersentuh Internet

internet

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Dari 1.859 desa se Provinsi Riau, masih ada 283 lagi belum menikmati jaringan internet desa. Ratusan desa ini berada pada wilayah pesisir terutama kawasan yang sulit akses.

Demikian pemaparan Kepala D inas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kadiskominfotik) Provinsi Riau Chairul Riski saat mengikuti rapat bersama D irektorat Telekomunikasi D irjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jumat 6 November 2020.

Baca : PLN Kejar Target 100% Desa Berlistrik di Riau

Dalam kegiatan secara virtual terkait wilayah blank spot Mobile Broadband (4G) Provinsi Riau itu, Chairul Risky mengatakan, pihaknya telah mengirim surat kepada Kementerian Kominfo pada 11 Agustus 2020 yang lalu.

Hal itu guna meminta bantuan untuk membangunkan internet perdesaan d igital di Riau. Karena masih banyak yang belum memiliki akses internet.

“Masyarakat sangat membutuhkan jaringan internet, apalagi saat ini semua harus berlangsung serba digital,” terangnya.

Menangggapi hal itu, D irektorat Telekomunikasi D irjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika Muhammad Ridwan mengatakan, tahun 2022 pihaknya menargetkan seluruh desa sudah menikmati layanan internet atau sudah 4G.

Namun, hingga saat ini masih banyak provinsi Indonesia belum menikmati layanan tersebut termasuk 283 desa/kelurahan yang ada di Riau.

“Terkait dengan desa dan kelurahan 34 provinsi Indonesia yang menjadi target tahun 2022 sudah menikmati layanan internet. Namun sampai sekarang masih ada desa yang belum maksimal atau belum teraliri, ini karena ada beberapa hambatan,” katanya.

Ia menyebutkan dari 34 provinsi Indonesia, hanya 2 provinsi yang sudah memiliki internet (4G) ke seluruh desa dan kelurahan yaitu Yogyakarta dan Bali.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait transportasi digital dan penyaluran seluruh desa/kelurahan Indonesia akan layanan 4G harus terpenuhi. Target hingga 2022 seluruh desa/kelurahan untuk menikmati internet wajib tercapai,” pungkasnya. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *