Ciri Orang yang Rendah Hatinya

orang yang rendah hatinya

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Orang yang rendahnya hatinya memiliki ciri-ciri dalam kehidupan sehari-hari. Jika ciri ini terdapat dalam diri kita maka pertahankanlah. Jika belum, maka gapailah.

Apa ciri orang yang rendah hatinya?

Pertama, tidak selalu merasa benar. Orang yang rendah hati menganggap bahwa “saya benar, meskipun ada kemungkinan salah. Kamu benar, meskipun ada kemungkinan salah”. Ia siap diberi masukan ketika ia salah. Hari-harinya selalu mengatakan “aushinii” , nasehati saya.

Ia tidak akan selalu membenarkan pendapatnya dan mau mendengarkan pendapat orang lain. Ia juga tidak peduli pendapat itu diberikan oleh orang yang masih muda atau bahkan sudah tua darinya.

Ia juga akan melihat “apa yang dikatakan” dan bukan “siapa yang mengatakan”. Ia selalu tunduk pada kebenaran. Ini adalah ciri-ciri orang yang rendah hatinya.

Kedua, tidak sering menceritakan dirinya. Orang yang rendah hatinya akan meminimalisir menceritakan tentang dirinya, apapagi kehebatan masa lalunya. Ia pun tidak menceritakan kejayaannya di masa lalunya. Karena baginya masa lalu tetap masa lalu.

Ia juga tidak akan bersembunyi pada kejayaan masa lalu melainkan terus memperjuangkan masa depannya. Baginya, tidak ada manfaat untuk menceritakan masa lalu, karena baginya masa depan adalah segalanya. Ia pun tidak akan memperlihatkan siapa dirinya. Baginya, biarlah orang lain yang menilai, tugas nya adalah melakukan yang terbaik.

Ketiga, senang mendapatkan kritikan. Orang yang rendah hatinya akan senang dengan kritikan. Bagi orang lain, kritikan itu menjatuhnya. Maka baginya kritikan itu membangun. Manisnya kritikan ia rasakan karena ia memandang dengan kritikan ia akan tetap maju dan berjalan. Tanpa kritikan ia tidak akan menjadi lebih baik. Sekali lagi, ia tidak melihat siapa yang mengkritiknya melainkan apa manfaat dibalik kritikan itu.

Keempat, mudah memaafkan. Orang yang rendah hatinya selalu mudah memaafkan. Ia harus memaafkan karena ia juga pernah melakuian salah. Ia mudah memaafkan karena ia pun pernah dimaafkan. Ia fokus pada kelebihan orang lain dan menutup kekurangan orang lain dengan keikhlasan. Ia pandang segalanya dengan positif karena baginya tidak ada satupun orang lain yang ingin berbuat salah. Hanya keadaan saja yang menjadikan ia terpaksa melakukan kesalahan. Ia ikhlas memaafkan dan menghilangkan dendam.

Baca : 5 Tips Sederhana Mendidik Anak Jadi yang Sholeh

Inilah ciri-ciri orang yang rendah hatinya dan kita bisa menggapainya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.