Es Kolak Pisang Dingin Khas Medan

es kolak pisang

LAMANRIAU.COM – Es kolak pisang dingin atau es kolding menjadi salah satu makanan favorit khas Medan yang segar dan manis. Makanan ini memang mirip dengan kolak, namun memiliki isian yang lebih beragam.

Baca : Resep Es Podeng Jadul, Segar Hilangkan Haus

Siapa yang tidak mengenal dengan minuman yang satu ini? Ya, kolak pisang adalah takjil favorit saat bulan puasa. Minuman kolak pisang sudah sangat merakyat bagi masyarakat Indonesia. Minuman ini begitu khas saat bulan puasa tiba.

Rasanya sangat merakyat menjadikan minuman ini banyak jual pinggir jalan bahkan banyak pula orang-orang dermawan yang membagikan kepada pengendara-pengendara pinggir jalan saat buka puasa telah tiba.

Tentunya, kamu juga hampir tidak akan melewatkan minuman yang satu ini. Untuk membuatnya, gunakan pisang kepok dan ubi kuning untuk isi kolak yang akan kita buat. Sementara untuk membuat kuah kolak, kamu memerlukan air, santan, sedikit tepung maizena, serta gula merah.

Kolak pisang adalah minuman sederhana yang selalu menjadi menu buka puasa andalan bagi banyak keluarga Indonesia. Minuman ini bisa minum dalam keadaan hangat atau dingin sesuai selera.

Bahan:

Tapai ketan secukupnya
Pisang kepok, rebus hingga matang
Santan manis secukupnya
Roti tawar, potong kecil secukupnya
Rebusan jagung manis
Durian
Agar-agar yang potong kecil

Cara membuat:

1. Susun tapai ketan hitam dan potongan pisang kepok yang sudah proses kukus hingga matang.
2. Tuangi santan manis dengan campuran sedikit gula merah yang sudah cair.
3. Taburi roti tawar, lalu beri es batu.
4. Tambahkan agar-agar yang dipotong dadu kecil, atau tambahkan jagung rebus manis. Agar lebih spesial, bisa juga menambahkan durian agar rasanya semakin nikmat. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *