Menu Menggoda dengan Cumi Asam Manis

cumi asam manis

LAMANRIAU.COM – Selain goreng tepung, cumi juga sangat enak jika dibumbu asam manis. Rasanya yang menggoda selera, memasak cumi juga membutuhkan waktu yang relatif cepat. Karena jika terlalu lama, daging cumi akan berubah mengeras dan liat.

Baca : Es Kolak Pisang Dingin Khas Medan

Cumi juga punya kandungan nutrisi yang bagus. Menurut berbagai sumber kesehatan, cumi mengandung protein tinggi, yakni 15,5-16,1 gram/100 gram cumi. Cumi juga mengandung vitamin E, B6 dan B12, rendah kalori, kaya kalsium, tidak mengandung kolestrol dan masih banyak lainnya lagi.

Tidak hanya itu, cumi juga memiliki rasa yang khas, gurih, dan kenyal. Resep menu buka puasa kali ini akan memandu untuk membuat cumi dengan saus bercita rasa mantap. Ada asam, manis dan pedas.

Bahan:

600 gr Cumi
1 sdm asam jawa
8 buah cabe rawit, ulek kasar
1 sdm bawang bombay cincang
Kecap manis, secukupnya
Saus tiram, secukupnya
Garam, secukupnya
Gula pasir, secukupnya
Lada, secukupnya
Minyak goreng, secukupnya

Cara Membuat:

– Bersihkan cumi, buang tinta bilas lalu tiriskan. Masukan kepala cumi kedalam badannya, semat dengan lidi. Sisihkan.

– Remas-remas satu sendok makan asam jawa dengan -+100ml air. Buang ampasnya. Tambahkan saus tiram, kecap manis dan saus sambal.

– Masak saus sampai mendidih, masukan cumi, cabai rawit uleg dan bawang bombay cincang. Masak dengan api besar sampai air menyusut.

– Bumbui cumi dengan garam, lada dan gula pasir. Masak sampai mengental kemudian masukan dua sendok makan minyak goreng. Masak hingga meletup-letup atau saus berkaramel. Tes rasa.

– Cumi saus asam manis siap disajikan. (NSD)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *