Menikmati Perbukaan dengan Rolade Tahu Daun Singkong

Rolade Tahu Daun Singkong

LAMANRIAU.COM – Selain dari daging, rolade juga bisa kamu buat dari bahan utama tahu. Rolade tahu ini merupakan menu sederhana yang bisa jadikan inspirasi menu makan berbuka atau hiburan selepas sholat taraweh malam.

Tahu putih menjadi bahan utama dari rolade tahu ini. Kemudian tahu hancurkan dan campurkan dengan aneka bumbu, lalu digulung dengan daun singkong yang sudah direbus.

Baca: Hari Ketiga, Resep Serabi Keju Kuah

Rolade lalu kukus dan lapisi dengan balutan telur. Setelah itu goreng hingga kecoklatan. Lalu bisa sajikan dengan saus sambal agar semakin nikmat.

Dengan tambahan daun singkong, sajian rolade akan semakin nikmat. Yuk simak resep dan cara membuat rolade tahu daun singkong dari Selerasa.com untuk menu hari ini.

Untuk 3 Porsi

Bahan-bahan

– 1 ikat daun singkong
– 200 gram tahu putih
– 1 butir telur
– 1 batang daun bawang
– 2 siung bawang putih
– Masing-masing ½ sendok teh ketumbar, lada bubuk, gula pasir, garam dan bubuk kaldu ayam
– Alumunium foil secukupnya
– Minyak goreng secukupnya

Bahan Untuk Pencelup

– 2 butir telur

Cara Menyiapkan

Pertama, silakan ambil daun singkong yang sudah kamu sediakan. Lalu petiki daunnya dan cuci hingga bersih bawah air mengalir. Selanjutnya untuk tahu putih silakan hancurkan hingga halus.

Lalu kocok lepas telur. Haluskan bawang putih, ketumbar dan daun bawang. Selanjutnya kocok lepas telur untuk bahan pencelup. Sisihkan.

Jika bahan-bahan yang kamu butuhkan semuanya sudah siap, sekarang bisa langsung membuat rolade tahu. Pertama, ambil panci dan masukan air ke dalamnya. Didihkan air tersebut dengan berikan garam sedikit.

Selanjutnya masukan daun singkong, rebus daun singkong sampai empuk dan matang. Jika sudah seperti itu, silakan daun singkong peras sampai kering. Jika sudah, sisihkan terlebih dahulu.

Ambil wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan. Lalu pada wadah tersebut silakan campurkan bahan-bahan seperti tahu, ketumbar, bawang putih, gula, lada, daun bawang, garam dan telur. Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga tercampur dengan merata.

Selanjutnya, ambil alumunium foil. Lalu letakan tahu atasnya dan ratakan sampai memenuhi alumunium foil. Kemudian atas tahu silakan letakan daun singkong, lalu ratakan.

Secara perlahan silakan gulung rolade sambil padatkan. Silakan bungkus dengan menggunakan alumunium foil. Kedua ujungnya rapatkan. Siapkan kukusan. Lalu gulungan rolade kukus selama kurang lebih 20 menit sampai benar-benar matang.

Setelah matang, bisa mengangkat dan mengeluarkan gulungan rolade dari kukusan. Tunggu selama beberapa saat hingga dingin. Bungkusan alumunium foil kemudian buka. Lalu rolade bisa kamu potong-potong dengan ketebalan sesuai selera.

Ambil wajan dan tuangkan banyak minyak goreng ke dalam wajan tersebut. Lalu panaskan. Tiap potongan rolade celupkan ke dalam telur. Lalu goreng hingga matang atau berubah warna menjadi kecoklatan.

Jika sudah seperti itu, bisa mengangkat dan meniriskannya terlebih dahulu.

Tips Membuat Rolade Tahu

Ada beberapa tips yang dapat kamu perhatikan saat membuat rolade tahu. Sebaiknya memilih tahu putih yang segar supaya rasanya lebih enak. Jika sudah kukus, diamkan terlebih dahulu rolade selama beberapa saat hingga dingin. Lalu setelah bisa memotong-motongnya.

Rolade bisa goreng dan dinikmati langsung atau bisa memasaknya dengan saus sesuai selera. Itulah resep dan cara membuat rolade tahu daun singkong yang enak dan lezat. Selamat mencoba. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *