Menu Buka Puasa Istimewa, Sambal Ayam Pete

Sambal ayam pete

LAMANRIAU.COM – Tanpa sambal makan terasa kurang nikmat. Kehadiran sambal memang kerap menjadi menu pelengkap saat makan. Sambal bisa dinikmati dengan aneka lauk sehingga makan lebih berselera.

Biasanya terbuat dari bahan-bahan cabai, bawang, tomat dengan aneka bumbu seperti garam, gula hingga penyedap rasa. Nah, untuk kamu yang ingin sajian sambal yang lebih enak dan menggugah selera saat berbuka, bisa membuat sambal ayam pete.

Baca: Menikmati Perbukaan dengan Rolade Tahu Daun Singkong

Pete ada yang suka, namun juga yang membenci karena aromanya yang kurang sedap. Padahal pete bisa diolah menjadi aneka masakan yang nikmat, salah satunya sambal dengan campuran ayam. Sambal pete ayam pastinya akan menambah selera makan.

Rasanya yang enak, gurih, pedas dengan tekstur pete yang renyah dan tekstur lembut daging ayam akan memanjakan lidah. Berikut sajian Selerasa.com sambal ayam pete berikut ini.

Untuk 3 porsi

Bahan-bahan

– 100 gram daging ayam
– 3 papan pete segar
– 3 lembar daun jeruk
– 1 sendok makan air jeruk nipis
– 1 cm lengkuas
– 1/2 sendok teh gula pasir
– 1 batang serai
– 1 sendok makan kaldu jamur bubuk
– Minyak sayur secukupnya

Bumbu Halus

– 8 butir bawang merah
– 100 gram cabe merah keriting
– 5 siung bawang putih
– 2 sendok teh garam
– 1 sendok teh terasi goreng

Cara Membuat

Pertama, silakan ambil ayam yang sudah tersediakan. Lalu cuci hingga bersih bawah air mengalir. Jika sudah, tiriskan sebentar. Lalu cincang kasar.

Selanjutnya memarkan serai dan lengkuas. Untuk petai silakan kupas. Kemudian haluskan semua bumbu halus seperti yang sudah disebutkan di atas.

Langkah berikutnya silakan siapkan wajan. Lalu tuangkan minyak goreng secukupnya atau sekitar 5 sendok makan ke dalam wajan. Panaskan.

Masukan bumbu yang sudah haluskan. Aduk merata dan masak atau tumis bumbu sampai mengeluarkan aroma harum dan bumbu matang.

Silakan masukan daging ayam yang sudah dicincang bersama dengan gula, air jeruk nipis dan kaldu bubuk. Aduk-aduk hingga tercampur dengan merata. Masak hingga ayamnya matang. Tambahkan pete. Aduk-aduk hingga pete layu.

Jika sudah seperti itu, kamu bisa mengangkat dan menyajikan sambal ayam pete ini pada tempat saji. Nikmati selagi hangat dengan nasi hangat agar lebih nikmat. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *