Tekno  

Dorong Produksi Lokal, Pemerintah Borong Ratusan Ribu Laptop Lokal

Pemerintah borong laptop lokal (net)

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Pemerintah bakal membeli laptop dalam jumlah yang besar. Namun laptop yang dibeli itu adalah produksi dalam negeri atau yang mempunyai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) lebih besar.

Dari banyak merek laptop yang beredar, pemerintah menetapkan 6 merek yang lulur kriteria. Merek itu Acer, Axioo, Advan, SPC, Evercoss dan Zyrex. Ke 6 merek itu telah memiliki sertifikat TKDN 25 persen ke atas.

“Kriteria laptopnya ini yang mempunyai sertifikat TKDN 25 persen ke atas,” kata Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), Setya Budi Arijanta dalam konferensi pers, Jakarta, Jumat, 29 Juli 2022.

Keenam merek itu akan dibeli untuk keperluan laptop TIK dan media pendidikan. Sedangkan untuk keperluan administrasi perkantoran pemerintah akan membeli dari merek Acer, Axioo dan Zyrex.

Setya menyebut, selain memiliki sertifikat TKDN, keenam produsen tersebut memiliki kapasitas produksi yang besar setiap bulannya.

“Produksinya sebulan bisa sampai 60 ribu unit,” kata dia.

Sehingga mampu menyediakan kebutuhan pemerintah. Sebab untuk keperluan TIK dan media pembelajaran saja kebutuhan tahun ini mencapai 408.375 unit.

Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi dan Teknologi Informasi, Kementerian Keuangan Sudarto mengatakan pemilihan 6 merek laptop itu dilakukan dalam rangka mempromosikan produksi dalam negeri.

“Tidak ada negara lain yang mempromosikan merek produk dalam negerinya selain bangsanya,” kata dia.

Selain untuk penghematan anggaran, strategi ini ditempuh agar produk Indonesia bisa menguasai pasar dalam negeri dan tembus ke pasar asing. Maka, hal ini harus dimulai dengan penggunaan secara masif oleh penduduknya.

Redaktur: Denni Risman – Sumber: merdeka