Kajian  

Tiga Besar Negara Penduduknya Paling Malas Di Dunia

LAMANRIAU.COM-  Berjalan kaki adalah salah satu hal yang bisa menjamin kesehatan. Jalan kaki merupakan salah satu indikator yang menjadi ukuran kemalasan seseorang. Berdasakan indikator tersebut ternyata ada beberapa negara di dunia yang dinobatkan sebagai negara yang penduduknya paling malas, lho.

Kesimpulan tersebut diambil setelah melalui penelitian dilakukan pada lebih dari 700.000 orang di 111 negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap rata-rata langkah harian orang.

Adalah Scott Delp seorang peneliti, kepada BBC mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang penduduknya paling malas di dunia. Penelitian ini tentunya berdasarkan survei kesehatan dan melacak aktivitas seseorang selama berkelanjutan.

“Studi ini 1.000 kali lebih besar dari studi sebelumnya tentang pergerakan manusia,” kata Scott.

Menurut Scott, survei kesehatan ini adalah yang luar biasa,  studi kali ini  menyediakan data dari lebih banyak negara, lebih banyak subjek, dan melacak aktivitas orang secara berkelanjutan. Ini membuka pintu untuk cara-cara baru dalam melakukan sains pada skala yang jauh lebih besar dari yang bisa  dilakukan sebelumnya

Sementara itu, para peneliti di Universitas Stanford menggunakan pelacak semacam smartphone untuk memantau aktivitas peserta studi di seluruh dunia selama 68 juta hari. Temuan ini pun turut mengungkapkan negara mana yang paling aktif.

China dinyatakan sebagai negara yang paling aktif. Peserta di negara tersebut rata-rata berjalan kaki sebanyak 6.880 langkah dalam sehari. Rata-rata langkah kaki global per harinya adalah 4.961.

Meskipun beberapa negara dinobatkan sebagai negara paling malas berjalan kaki, hal ini bukan berarti negara-negara tersebut adalah negara yang memiliki penduduk paling gemuk. Para peneliti menyatakan bahwa ada ketidaksetaraan aktivitas ini adalah penentu obesitas.

“Jika anda berpikir tentang beberapa orang di suatu negara sebagai ‘kaya aktivitas’ dan yang lain ‘miskin aktivitas’, ukuran kesenjangan di antara mereka merupakan indikator kuat tingkat obesitas di masyarakat itu,” kata Scott.

Hasil penelitian Scott  menghasilkan ada beberapa negara yang dikatakan sebagai negara berpenduduk paling malas berjalan kaki di dunia. Berikut ini  tiga negara penduduknya paling malas di dunia.

1. Indonesia

Indonesia adalah negara dengan predikat masyarakat paling malas jalan kaki di dunia, Bunda. Bukan tanpa alasan, ternyata aktivitas langkah Indonesia sangat jauh di bawah rata-rata, lho.

Kalau sebelumnya rata-rata global langkah per hari adalah 4.961, Indonesia berada di angkat 3.515 langkah sehari, Bunda. Hal ini membuat Indonesia dijuluki sebagai negara paling malas.

2. Arab Saudi

Arab Saudi sendiri dikatakan sebagai negara terbesar kelima di Asia. Ia bahkan menjadi negara kedua terbesar di Dunia Arab setelah Aljazair.

Negara ini merupakan satu-satunya negara yang memiliki pesisir penting, yakni Laut Merah dan Teluk Persia. Selain itu, sebagian besar wilayah Arab Saudi merupakan gurun pasir.

Arab Saudi disebut sebagai negara dengan masyarakat paling malas berjalan kaki nomor dua di dunia, Bunda. Dengan teknologi dan infrastruktur yang dimiliki membuat masyarakatnya malas berjalan kaki.

Dalam sebuah penelitian, Arab Saudi memiliki jumlah langkah sebanyak 3.807 setiap harinya. Langkah ini juga cukup jauh dari Amerika yang setiap harinya melangkah sekitar 4.774.

3. Malaysia

Malaysia terletak di Asia Tenggara dengan luas wilayah 330.803 kilometer persegi. Pada tahun 2020, penduduk Malaysia sudah mencapai 32.730.000 jiwa.

Malaysia adalah negara tetangga dari Indonesia. Ternyata, Malaysia juga masuk ke dalam negara yang penduduknya paling malas berjalan kaki nomor tiga di dunia.

Penduduk di Negeri Jiran ini tercatat memiliki jumlah langkah sekitar 3.962 per harinya, Bunda. Meski lebih tinggi dari Indonesia dan Arab Saudi, jumlah ini tetap bisa membawa Malaysia melewati batas langkah kaki global.***

Editor: Zulfilmani/sumber: haibunda.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *