Dua Pekerja Rekomendasi Tidak Lulus, Kades Sejangat Protes PT Surya Dumai

Dua warganya tidak diterima, Kades Sejangat protes PT SUrya Dumai Agroindo (net)

LAMANRIAU.COM, BENGKALIS – PT Surya Dumai Agrindo (SDA) baru-baru ini membuka lowongan kerja untuk pabrik kelapa sawit sawit (PKS).

Dari 100 orang pelamar, akhirnya PT SDA meluluskan 10 orang. Sayangnya, dari 10 orang itu, dua orang pelamar yang direkomendasikan Kepala DEsa Sejangat, Kecamatn Bukit Batu, Kabupten Bengkalis, tidak lulus.

Mengetahui itu, Kades Sejangat, Rahmad Iwandi langsung melayangkan protes ke pihak Surya Dumai. Dia minta, perusahaan harus mengutamakan pekerja tempatan.

“Kita minta kepada pihak PT. SDA untuk mengutamakan pekerja lokal anak tempatan dalam perekrutan penerimaan pegawai pada PKS yang akan beroperasi di wilayah Kecamatan Bukit Batu,” kata Rahmad Iwandi, seperti dilansir antara, Jumat, 9 September 2022.

Menurutnya, hasil seleksi itu, banyak anak tempatan yang tidak masuk dalam penerimaan tersebut. Seharusnya pihak perusahaan harus bisa menerima setiap pekerja minimal satu atau dua orang dari setiap desa yang ada di wilayah operasi PKS tersebut.

“Katanya harus ada rekomendasi dari pihak desa. Tapi kenyataannya dua orang perwakilan dari desa Sejangat yang direkomendasikan juga tidak diterima,bahkan dari informasi pekerja ang diterima saat ini ada titipan dari pejabat luar,” ujar Rahmad.

Humas PT. SDA Thomas membantah adanya titipan dari pejabat dalam penerimaan pekerja di PKS tersebut.

Menurut Thomas, semua pelamar yang lulus murni dari anak-anak yang berasal dari wilayah Kecamatan Bukit Batu.

“Sekitar 100 orang yang memasukkan lamaran. Setelah diseleksi lulus 10 orang. Mereka semua berasal dari wilayah Kecamatan Bukit Batu,” kata Thomas.

Redaktur: Denni Risman