Tekno  

Laptop Kena Air? Jangan Panik, Berikut Cara Penanganannya

Laptop Kena Air? Jangan Panik, Berikut Cara Penanganannya
Jangan panik ketika laptop kena air. Ada beberapa langkah untuk perbaikannya (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Terkadang, tanpa sengaja laptop kita terkena cipratan air. Jika ini terjadi, jangan panik.

Di kutip dari laman How To Geek, ada beberapa langkah yang bisa di lakukan untuk mengatasi laptop yang terkena air:

1. Matikan laptop

Cabut seluruh kabel yang menancap pada laptop. Matikan laptop sesegera mungkin.

Cara tercepat untuk melakukannya adalah dengan menekan dan menahan tombol daya hingga layar menjadi gelap.

Jika laptop memiliki baterai yang dapat dilepas, segera copot baterai. Keluarkan, lalu keringkan dan simpan di tempat yang aman.

Sebagian besar laptop dapat bertahan jika di celupkan ke dalam air, asalkan tanpa adanya daya. Dengan mematikan sistem dan melepas baterai, dapat memutus sirkuit yang dapat menyebabkan kerusakan lebih buruk pada laptop.

2. Buka sasis

Saat membuka sasis, sangat mudah untuk menemukan kerusakan pada laptop.

Jika hanya menumpahkan air ke dalam laptop, tentu saja komponen hanya perlu di copot dan di keringkan. Namun, jika menumpahkan sesuatu yang lengket atau manis, komponen dalam sasis kemungkinan perlu di bersihkan dengan benar oleh ahlinya.

3. Lepaskan beberapa komponen

Melepaskan beberapa komponen dapat membantu untuk mengeringkan laptop lebih cepat. Seperti SSD atau Hard Drive serta batang RAM yang terpasang di motherboard. Keringkan semua bercak-bercak air yang terlihat di laptop dengan kain atau handul yang bersih dan tidak berbulu.

Kemudian letakkan laptop dan komponen yang terlepas di tempat yang kering selama minimal 48 jam. Setelah di rasa cukup kering, pasang kembali komponen laptop dan coba untuk menyalakannya.

Selain langkah memperbaiki laptop, terdapat tindakan lain yang dapat di lakukan untuk mengantisipasi laptop yang terkena air.

Cara yang dapat dilakukan untuk menghindari laptop terkena air adalah dengan tidak pernah meletakkannya di dekat makanan dan minuman. Selain itu, menggunakan penutup keyboard, mouse. dan keyboard eksternal juga dapat meminimalisir kemungkinan laptop akan terkena air.

Editor: Denni Risman – Penulis: Denni RIsman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews