Tekno  

STB Kini Menjadi Perbincangan Masyarakat

STB Kini Menjadi Perbincangan Masyarakat

LAMANRIAU.COM,KAMPAR –  STB (Set Top Box) adalah alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara, yang dapat di tampilkan di TV analog biasa..

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah menghentikan siaran televisi (TV) analog dan secara bertahap beralih ke siaran TV digital Sejak 2 November 2022. Bagi yang tidak memiliki perangkat TV digital, masyarakat tidak perlu membeli TV baru karena TV analog bisa menyiarkan siaran TV digital dengan bantuan Set Top Box (STB).

STB di butuhkan jika kamu ingin “mengubah” perangkat TV analog yang belum bisa menerima sinyal digital, agar tetap bisa menikmati siaran TV digital. Namun, jika perangkat TV sudah memiliki fitur untuk menangkap siaran digital, di mana biasanya Smart TV zaman sekarang sudah bisa, maka kamu tidak membutuhkan STB.

Menggantikan TV analog, set top box TV digital menjadi salah satu alat yang sangat penting. Tanpa adanya set top box, TV Analog Anda tidak akan dapat di gunakan untuk menonton siaran TV Digital. Hal ini karena set top box TV digital berfungsi sebagai alat yang dapat menerima dan mengkonversi sinyal menjadi suara dan gambar untuk di tampilkan pada TV.

Bagi masyarakat yang ingin membeli set top box, pastikan perangkat STB tersebut sudah tersertifikasi oleh Kemenkominfo. Adapun harga set top box yang beredar di pasaran di banderol dengan rentang harga Rp 200.000 hingga Rp 350.000 per unit.

Sebagai informasi, set top box adalah alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat di tampilkan di perangkat TV analog biasa.

Perangkat ini sudah mendukung digital video broadcasting-second generation terrestrial (DVB-T2). STB juga tidak memerlukan antena parabola dalam menerima sinyal digital, cukup menggunakan antena televisi biasa (UHF).

Sementara itu, tak hanya pedagang, penyedia jasa pemasangan set top box atau STB ini juga ketiban rezeki.

Tips Memilih Set Top Box TV Digital yang Bagus

Tips set top box TV digital ini bertujuan agar Anda dapat memilih produk yang tepat dan dapat di gunakan. Lalu apa saja tips memilih set top box TV digital terbaik tersebut? Simak tipsnya di bawah ini.

1.Perhatikan Sertifikat Kominfo agar bisa digunakan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam memilih set top box TV digital terbaik yaitu kepemilikan sertifikat dari Kominfo. Pasalnya sertifikat Kominfo merupakan jaminan bahwa set top box TV digital yang hendak Anda beli dapat di gunakan.

2.Mencari tahu review lebih dalam

Jika Anda membelinya melalui e-commerce, pastikan membaca setiap review dari para pembelinya. Hal ini untuk memastikan bahwa set top box yang akan Anda beli memang memiliki kualitas yang bagus. Anda bisa membelinya di toko official store resmi untuk memastikan set top box yang Anda beli memang original dan bagus.

3.Menyesuaikan dengan kebutuhan

Set top box TV digital terbaik yang di jual di pasaran mulai dari yang murah hingga mahal. Selain itu, berbagai produk tersebut juga ada yang menawarkan fitur yang bisa menghubungkan TV dengan internet. Apabila Anda tidak membutuhkan koneksi ke internet, sebaiknya beli set top box TV digital yang tidak memiliki fitur tersebut.

 

 

Editor : Fahrul Rozi

Penulis: M.Amrin