Tekno  

WhatsApp Siapkan Kirim Foto Secara HD

WhatsApp

LAMANRIAU.COM – Dalam pengumuman terbaru, CEO Meta, Mark Zuckerberg, telah mengumumkan bahwa aplikasi pesan WhatsApp sekarang memiliki kemampuan untuk mengirimkan foto dalam kualitas tinggi atau High Definition (HD).

Sebagai langkah merespons permintaan pengguna, kemampuan untuk mengirimkan gambar dalam kualitas HD telah menjadi salah satu fitur yang sangat diinginkan. Ini terjadi karena seringkali kualitas foto yang dikirim melalui WhatsApp mengalami penurunan atau kompresi dari kualitas aslinya.

Mark Zuckerberg menulis di akun Facebook pribadinya pada hari Jumat 18 Agustus 2023, “Kami telah meningkatkan pengalaman berbagi foto di WhatsApp — sekarang Anda dapat mengirimkannya dalam format HD.”

Dalam video yang dibagikan, Zuckerberg juga memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membagikan foto dalam kualitas HD melalui aplikasi WhatsApp.

Dengan adanya fitur baru ini, ketika Anda hendak mengirimkan foto atau gambar, Anda akan menemukan opsi untuk memilih kualitas foto, yaitu “Standard Quality” dan “HD Quality.” Terdapat juga penjelasan bahwa foto dalam kualitas HD akan tampak lebih jelas, tetapi penggunaan kualitas standar akan memungkinkan pengiriman yang lebih cepat dan menghemat ruang penyimpanan.

Setelah foto dalam kualitas tinggi dikirimkan ke dalam ruang obrolan, gambar tersebut akan diberi label “HD” sebagai tanda bahwa foto tersebut dikirimkan dalam format HD.

Menurut informasi lebih lanjut dari The Verge, fitur ini akan segera diluncurkan kepada para pengguna di seluruh dunia dalam beberapa pekan mendatang. Pengguna yang sudah mendapatkan akses ke fitur ini akan melihat adanya ikon kecil yang menunjukkan opsi kualitas foto.

Selain itu, Meta juga mengungkapkan rencananya untuk memperkenalkan opsi video HD di aplikasi WhatsApp. Dengan ini, perusahaan terus berupaya meningkatkan fitur-fitur yang ada dalam aplikasi untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada penggunanya.

Sebelumnya, para pengguna telah memiliki kemampuan untuk mengirimkan foto atau gambar tanpa mengurangi kualitasnya, tetapi prosesnya memerlukan waktu lebih lama karena tidak ada fitur otomatis berbagi foto dalam format HD.

Namun, sampai saat fitur berbagi foto HD diluncurkan secara resmi, Anda masih dapat menggunakan opsi “attachment” untuk mengirimkan foto atau gambar di WhatsApp dalam kualitas HD.

Cara Kirim Foto di WhatsApp

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih ikon klip kertas atau pilihan ‘attachment’ yang terletak di sudut kanan bawah layar.
  2. Pilih menu ‘Document’.
  3. Ketuk menu ‘Browse other docs…’
  4. Pilih foto yang ingin Anda kirimkan.

Dengan menggunakan metode ini, foto yang Anda kirimkan tidak akan mengalami penurunan kualitas. Anda dapat memeriksa hasilnya dengan membuka menu ‘Media’ dan membandingkan foto yang dikirimkan melalui ikon kamera dengan foto yang dikirimkan sebagai ‘Document’.

Meta Rilis Fitur Share Screen WhatsApp

WhatsApp telah meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk berbagi layar atau “share screen” saat melakukan panggilan video. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menunjukkan apa yang ada di layar ponsel mereka kepada orang yang mereka panggil melalui video call di WhatsApp.

Dengan fitur ini, pengguna memiliki fleksibilitas untuk berbagi seluruh layar ponsel mereka atau hanya aplikasi tertentu yang ingin mereka tunjukkan kepada lawan bicara selama panggilan video di WhatsApp. Menurut keterangan resmi dari Meta, perusahaan induk WhatsApp, fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk berbagi seluruh tampilan layar mereka atau memilih aplikasi tertentu yang ingin mereka bagikan.

Mark Zuckerberg, CEO Meta, menjelaskan bahwa fitur ini akan memberikan banyak manfaat kepada pengguna. Misalnya, pengguna dapat menggunakan fitur ini untuk berkolaborasi dalam pekerjaan dengan berbagi dokumen, melihat foto bersama teman dan keluarga, merencanakan liburan dengan orang lain, atau memberikan dukungan teknis kepada anggota keluarga seperti kakek-nenek.

Tidak perlu diragukan lagi bahwa fitur “share screen” ini bukanlah hal baru dalam dunia konferensi video. Layanan populer seperti Zoom, Google Meet, dan Microsoft Teams telah lama memiliki fitur serupa yang memungkinkan pengguna untuk berbagi tampilan layar mereka dengan peserta lain dalam panggilan konferensi.

Dalam pengumuman resmi, Mark Zuckerberg menyatakan bahwa fitur ini akan tersedia bagi semua pengguna WhatsApp di perangkat Windows, iOS, dan Android di seluruh dunia. Dengan demikian, pengguna di berbagai platform dapat mengakses fitur ini untuk meningkatkan cara mereka berinteraksi dan berbagi informasi melalui panggilan video di WhatsApp.

Cara Share Screen di WhatsApp

Bagaimana cara berbagi layar di WhatsApp menggunakan iPhone atau HP Android setelah memperbarui aplikasi:

  1. Pastikan Aplikasi Terbaru: Pastikan Anda telah memperbarui WhatsApp ke versi terbaru melalui toko aplikasi (App Store untuk iPhone atau Google Play Store untuk HP Android).
  2. Memulai Panggilan Video: Buka percakapan dengan kontak yang ingin Anda ajak berbicara melalui panggilan video.
  3. Mulai Panggilan Video: Tekan ikon panggilan video di bagian atas percakapan atau dari dalam percakapan, pilih ikon kamera untuk memulai panggilan video.
  4. Berbagi Layar: Selama panggilan video, Anda akan melihat beberapa ikon di bagian bawah layar. Salah satu ikonnya adalah ikon “Share” atau “Bagikan” yang biasanya terlihat seperti persegi dengan tanda panah mengarah ke atas. Ketuk ikon ini.
  5. Pilih Layar yang Akan Dibagikan: Pada iPhone, Anda akan melihat beberapa pilihan yang mencakup berbagi layar penuh atau aplikasi tertentu. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada HP Android, langkah ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada antarmuka pengguna perangkat Anda, tetapi umumnya Anda juga akan melihat opsi untuk berbagi layar penuh atau aplikasi.
  6. Mulai Berbagi Layar: Setelah Anda memilih opsi berbagi layar, WhatsApp akan meminta izin untuk mengakses layar. Berikan izin yang diminta.
  7. Penghentian Berbagi Layar: Kapan pun Anda ingin menghentikan berbagi layar, cukup tekan tombol “Stop Sharing” atau tindakan serupa yang mungkin ada pada perangkat Anda.

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews