Situs Cagar Budaya Kampung Pertahanan Tuanku Tambusai di Daludalu Berstatus Nasional

Gubernur Riau Syamsuar saat meninjau Daludalu Kampung Pertahanan Tuanku Tambusai beberapa waktu lalu.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Situs Cagar Budaya Kampung Pertahanan Tuanku Tambusai di Daludalu Kabupaten Rokan Hulubtelah berstatus cagar budaya nasional. Usai sidang pembahasan ke-3 yang berlangsung Kamis 24 Agustua 2023, penandatangan naskah rekomendasi oleh Tim Ahli Cagar Budaya Nasional (TACBN) disaksikan langsung Kadisbud Riau, Raja Yoserizal Zen bersama tim pengusul dari Provinsi Riau yang mengikuti sidang melalui zoom meeting.

“Kami bersyukur hari ini usulan naskah rekomendasi Situs Cagar Budaya Kampung Pertahanan Tuanku Tambusai di Daludalu ditandatangai TACBN. Upaya pemeringkatan status cagar budaya ini akhirnya sampai pada tahapan akhir dari serangkaian proses usulan yang sejak beberapa waktu lalu kami lakukan,” papar Raja Yose.

Sebagaimana diketahui bahwa sidang pembahasan sudah dilakukan sejak 21 Juni yang lalu, di mana tim Provinsi Riau mengikuti sidang secara langsung di Jakarta. Kemudian sidang kedua berlanjut pada tanggal 24 Juni yang memutuskan untuk dilakukan verifikasi lapangan pada tanggal 7-9 Agustus.

“Sebelumnya perwakilan TACBN yaitu Pak Surya Helmi selaku ketua, Pak Muhammad Natsir selaku sekretaris, dan Pak Prof. Susanto Zuhdi selaku anggota sudah turun langsung melakukan verifikasi ke Rokan Hulu. Bahkan pada puncak Hari Jadi ke-66 Provinsi Riau yang lalu, TACBN tersebut bersama Disbud Riau melakukan audiensi ke Gubri Syamsuar,” tambah Kadisbud yang juga merupakan Ketua TACB Provinsi Riau.

Kepada media, Raja Yose yang dalam hal ini mewakili Pemerintah Provinsi Riau mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang turut memberikan dukungan serta partisipasinya. Dan sesuai alurnya, naskah rekomendasi yang sudah ditandatangani oleh TACBN akan disampaikan kepada Mendikbudristek untuk diterbitkan SK Cagar Budaya Nasional.

“SK dari Menteri untuk Situs Cagar Budaya Kampung Pertahanan Tuanku Tambusai di Daludalu diperkirakan terbit pada akhir tahun 2023 nanti,” tutup Raja Yose. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *