Pendaftaran CASN Telah Dibuka, Berikut Link Pendaftaranya

Pendaftaran CASN Telah Dibuka, Berikut Link Pendaftaranya

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pada tanggal 17 September, pendaftaran rekrutmen aparatur sipil negara (ASN) CPNS dibuka. Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengonfirmasi bahwa jadwal pendaftaran ASN akan berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah diumumkan sebelumnya. Sesuai dengan surat Plt kepala BKN yang tanggal 21 Agustus 2023, rangkaian rekrutmen ASN dimulai dengan pengumuman seleksi pada Sabtu, 16 September. Proses pendaftaran akan berlangsung mulai hari ini hingga 6 Oktober.

Selama masa pendaftaran, proses seleksi administrasi juga akan berlangsung hingga 9 Oktober. Peserta yang berhasil lulus seleksi administrasi akan melanjutkan ke tahap seleksi kompetensi dasar (SKD) yang akan dilaksanakan pada tanggal 4–13 November. Setelah itu, akan ada seleksi kompetensi bidang (SKB) yang berbasis CAT dan non-CAT. Pengumuman kelulusan akhir dijadwalkan akan dilakukan pada tanggal 31 Desember hingga 7 Januari 2024. Selanjutnya, usulan penetapan NIP CPNS akan berlangsung dari tanggal 17 Februari hingga 17 Maret.

Jadwal rekrutmen ASN CPNS hampir mirip dengan jadwal rekrutmen ASN PPPK, terutama dalam tahap pendaftaran. Perbedaannya adalah pengumuman kelulusan ASN PPPK akan dilakukan pada tanggal 1–10 Desember 2023, dan usulan penetapan NIP PPPK akan berlangsung pada tanggal 10 Januari sampai 8 Februari 2024.

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Nur Hasan, menjelaskan bahwa semua tahapan rekrutmen ASN CPNS dan PPPK tetap sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Untuk pendaftaran, peserta akan membuat akun di website SSCASN milik BKN dan akan diarahkan untuk mendaftar sebagai CPNS atau PPPK.

Nur Hasan juga mengingatkan beberapa aturan penting dalam pendaftaran atau pembuatan akun, seperti pentingnya memastikan nomor induk kependudukan (NIK) yang terupdate dengan sistem di Dukcapil Kemendagri, terutama jika ada perubahan alamat atau aktivitas kependudukan lainnya.

Masyarakat yang sebelumnya sudah membuat akun untuk pendaftaran ASN, namun mundur dan telah mencapai tahapan penerbitan NIP, tidak dapat mendaftar lagi sebagai ASN. Informasi lebih lanjut mengenai aturan usia, ijazah, dan surat keterangan lulus dapat ditemukan pada tahapan pendaftaran selanjutnya.

Selain itu, Ketua Departemen Komunikasi dan Informasi PB PGRI, Wijaya, juga memberikan beberapa informasi penting bagi para calon guru yang akan mendaftar. Hal ini termasuk kewajiban untuk melakukan registrasi atau pembuatan akun kembali.

Selain itu, pelamar yang tahun sebelumnya telah lulus passing grade namun tidak mendapatkan formasi atau masuk golongan P1, harus menyiapkan dokumen-dokumen sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan. Selanjutnya, para pelamar juga harus memperhatikan soal linieritas dan kualifikasi untuk formasi guru, yang telah diatur dalam surat edaran oleh Kemendikbudristek.

Berikut adalah langkah membuat akun di SSACNS untuk mendaftar seleksi CPNS 2023 bagi peserta baru:

  1. Buka situs https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login
  2. Pilih “Daftar” di laman awal
  3. Isi formulir pendaftaran CPNS dan PPPK
  4. Verifikasi nomor telepon dan email aktif
  5. Verifikasi data dan upload dokumen CPNS dan PPPK
  6. Tunggu proses verifikasi
  7. Login ke akun SSCASN dengan NIK dan password setelah mendapatkan email verifikasi
  8. Lengkapi profil dan pilih instansi CPNS dan PPPK
  9. Pilih formasi dan klik daftar

Demikian adalah link, syarat, jadwal, dan cara mendaftarkan akun baru untuk seleksi CASN 2023. Perubahan cara, syarat, dan jadwal bisa saja terjadi. Oleh karena itu, simak terus pengumuman terbaru soal pendaftaran dan seleksi CPNS 2023.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews