2.362 Pelamar PPPK Pemko Pekanbaru, 808 Gagal Administrasi

Dari 2.362 Pelamar PPPK Pemko Pekanbaru, 808 Gagal Administrasi

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Dari 2.362 pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemko Pekanbaru, sebanyak 808 pelamar tidak berhasil lolos dalam tahap administrasi atau tidak dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya.

Ahmad Nurdinsyah, Kabid Pengadaan Pemberhentian, dan Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru menyatakan,

“Dari total pelamar sebanyak 2.362, sebanyak 808 di antaranya tidak berhasil melewati tahap administrasi. Sisanya dinyatakan lolos,” pada Rabu 18 Oktober 2023.

Dia menyatakan bahwa pengumuman hasil seleksi administrasi hanya mencakup pelamar PPPK Tenaga Teknis dan Kesehatan. Adapun untuk PPPK Tenaga Guru sebanyak 567 pelamar tidak diumumkan karena tidak perlu dilakukan seleksi.

“Akang, panggilan akrabnya, menjelaskan bahwa yang berhasil lulus seleksi administrasi untuk PPPK Tenaga Teknis berjumlah 803 dari 1.510 pelamar. Sementara itu, untuk PPPK Kesehatan, jumlah pelamar yang lolos adalah sebanyak 184 dari 285 pelamar,” demikian penjelasannya.

Untuk pelamar PPPK tenaga teknis, terdapat 707 orang yang tidak memenuhi syarat (TMS), sedangkan untuk formasi kesehatan sebanyak 101 pelamar juga TMS. Sehingga, secara keseluruhan, terdapat 808 pelamar PPPK Pemko Pekanbaru yang tidak memenuhi syarat.

Nama-nama pelamar yang tidak terdaftar dalam daftar hasil seleksi administrasi dianggap tidak lulus administrasi. Selanjutnya, pelamar yang tidak lulus akan memasuki masa sanggah mulai dari tanggal 19 hingga 21 Oktober. Proses jawaban masa sanggah akan berlangsung dari tanggal 19 hingga 23 Oktober. Hasil pasca-masa sanggah diumumkan pada periode 22-28 Oktober. Sementara penarikan data final akan dilaksanakan pada tanggal 29-31 Oktober.

“Setelah tahap tersebut, penjadwalan seleksi kompetensi peserta yang lulus seleksi administrasi akan dilakukan mulai dari 1 hingga 4 November,” tambahnya.

Menurut informasi dari Akang, hasil seleksi administrasi pelamar PPPK Kota Pekanbaru akan diumumkan melalui situs resmi BKPSDM Kota Pekanbaru.

“Akang menyampaikan bahwa pengumuman hasil seleksi administrasi pelamar PPPK dapat diakses melalui website resmi https://bkpsdm.pekanbaru.go.id/portal/hasil-seleksi-admnistrasi-pppk-jafung-kota-pekanbaru-2023,” ungkapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah menutup pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada Rabu (11/10/2023) yang lalu.

Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru, Ahmad Nurdinsyah, menyatakan secara resmi telah menutup pendaftaran pada hari sebelumnya, yakni Kamis 12 Oktober 2023.

Beliau menjelaskan bahwa jumlah keseluruhan pelamar pada seleksi PPPK Pemko Pekanbaru mencapai 2.362 orang. Adapun pembagian tersebut dilakukan pada tiga formasi, yaitu PPPK Tenaga Guru, Tenaga Kesehatan, dan Tenaga Teknis.

“Jumlah pelamar untuk PPPK Tenaga Teknis sebanyak 1.510 orang, PPPK Guru sebanyak 567 orang, dan PPPK Kesehatan sebanyak 285 orang. Keseluruhan, terdapat 2.362 pelamar yang mendaftar,” ucapnya.

Dari tiga formasi yang ada, PPPK Teknis mencatat jumlah pelamar terbanyak, yaitu sebanyak 1.510 orang. Meskipun demikian, hanya 68 orang yang akan diterima setelah melalui proses seleksi.

Sementara itu, pada formasi guru, pendaftar terbatas pada kategori Prioritas (P1), yang melibatkan tenaga honorer kategori II atau guru non-ASN yang memenuhi ambang batas pada seleksi PPPK Guru tahun 2021.

“Langkah berikutnya, panitia akan menjalankan seleksi administrasi terhadap pelamar yang mendaftar. Pengumuman hasil seleksi administrasi ini dijadwalkan akan dilakukan pada periode 15-18 Oktober mendatang,” ungkapnya.

Dalam informasi terbaru, pada tahun ini, Pemko Pekanbaru membuka kesempatan penerimaan 707 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dengan rincian 610 PPPK guru, 29 tenaga kesehatan, dan 68 tenaga teknis.

Bagi calon pelamar yang ingin mengetahui informasi terkait teknis pendaftaran dan persyaratan, dapat ditemukan di website BKPSDM Pekanbaru, yang dapat diakses melalui laman bkpsdm.pekanbaru.go.id.

Pendaftaran untuk PPPK guru, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, berlangsung mulai tanggal 20 hingga 3 Oktober 2023. Sementara itu, pendaftaran untuk PPPK kesehatan dan teknis dapat dilakukan hingga tanggal 9 Oktober 2023.

Proses selanjutnya melibatkan seleksi administrasi, yang dilakukan mulai tanggal 20 September hingga 12 Oktober 2023. Pengumuman hasil seleksi administrasi dijadwalkan akan dilakukan pada tanggal 13 hingga 16 Oktober 2023.

Bagi peserta yang berhasil lulus seleksi administrasi, tahapan selanjutnya adalah mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang berlangsung dari tanggal 7 hingga 16 November, dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang dijadwalkan pada tanggal 1 hingga 20 Desember 2023.

Setelah itu, pengumuman kelulusan akan diumumkan pada periode tanggal 3 hingga 10 Januari 2024.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews