Dinas P2KBP3A Kembali Gelar Pemilihan Duta Anak Kuansing 2024

LAMANRIAU.COM, TELUKKUANTAN – Tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuantan Singingi (Kuansing) melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) kembali menggelar pemilihan Duta Anak.

Sebanyak 12 dari sejumlah kecamatan di Kuansing pun telah mendaftarkan diri guna mengikuti seleksi untuk nantinya dinobatkan sebagai Duta Anak Kuansing 2024.

“Ya benar, tahun 2024 ini kita kembali melaksanakan kegiatan pemilihan Duta Anak,” ujar Kepala Dinas P2KBP3A Kuansing Aswandi SKM melalui Kabid Perlindungan Anak, Arian Wilsadinata S.Ag, Selasa 11 Juni 2024 di ruang kerjanya.

Puncak acara ini, kata Arian, akan digelar pada Jumat siang, 14 Juni 2024 bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kuansing. Kegiatan akan dihadiri Kepala Dinas P2KB3PA Aswandi mewakili Bupati Kuansing.

Ajang ini, tambah Arian, adalah untuk memilih siapa nantinya yang berhak dinobatkan sebagai Duta Anak Kuansing. Pemenang sekaligus akan menjadi wakil Kuansing nantinya untuk berlaga di ajang tingkat Provinsi Riau.

Lebih jauh Arian menjelaskan, pemilihan Duta Anak Kuansing tahun ini diikuti okeh 12 peserta. Terdiri dari 5 laki-laki dan 7 perempuan.

Sementara tim seleksi berasal dari Forum Anak sebagai fasilitator Kabupaten Kuansing yang diketuai oleh Celsia Olivia Bangun, dan anggota Viani Ghefira Deflides (Duta Anak Riau 2019).

Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, kata Arian telah lama mendukung keberadaan Forum Anak sebagai mitra pemerintah, dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

Dengan adanya wadah lembaga Forum Anak ini, diharapkan dapat memberikan kesempatan pada anak untuk mengubah anak lainnya menjadi lebih baik, dalam memperoleh haknya sebagai anak.

”Hak tersebut sebagaimana hak sebagai manusia untuk dapat menyampaikan pendapat, sebagaimana dinyatakan dalam Konvensi Hak Anak Sedunia yang selaras dengan Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 23/2002,” tuturnya.  ***

Penulis/Editor: Suharman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews