Teknik Menanam Kaktus agar Tidak Mudah Busuk

LAMANRIAU.COM – Tantangan saat menanam kaktus yang paling sering ditemui adalah cepat busuk dan mati. Kenapa bisa begitu, ya? Mungkin salah cara menanam dan merawat. Kalau kita menanamnya dengan benar, pasti kaktus tidak cepat busuk. 

Kaktus menjadi salah satu tanaman hias yang banyak diminati. Salah satu alasannya karena cara menanam sangat sederhana dan praktis. Sehingga, pecinta tanaman pemula pun bisa menanam kaktus dengan mudah di rumah.

Meskipun tergolong mudah, namun tetap harus memerhatikan cara menanam dan merawat dengan benar. Sebab, perawatan yang salah dapat menyebabkan kaktus cepat busuk dan mati.

Lantas, bagaimana menanam kaktus yang benar agar tumbuh subur? Yuk, simak cara menanam agar tidak cepat busuk dan mati :

Siapkan alat dan bahan

Sebelum mulai berkebun, pastikan kamu sudah mempersiapkan seluruh peralatan dan bahan untuk menanam kaktus di rumah. Seperti bibit atau kaktus yang telah disetek, pot, media tanam, kerikil, sarung tangan, dan air. 

Pilih pot yang tepat

Setelah semua peralatan siap, kamu bisa mulai menanam. Cara menanam kaktus yang pertama adalah menyiapkan pot tanaman yang tepat. Gunakan pot berukuran dua kali ukuran kaktus, agar pertumbuhannya optimal.

Lalu, pastikan pula pot memiliki lubang drainase. Hal ini bertujuan untuk mencegah munculnya genangan air yang berisiko menyebabkan kaktus cepat busuk dan mati.

Gunakan media tanam terbaik

Cara menanam kaktus agar tumbuh subur dan tidak cepat busuk berikutnya adalah menggunakan media tanam terbaik. Cukup masukkan kerikil sebagai dasar pot tanaman kaktus. Kemudian di bagian atasnya Mama Papa bisa memasukkan campuran tanah, pasir kasar, dan serbuk arang sebagai media tanam. 

Tanam kaktus dengan benar

Ada dua cara menanam kaktus yang bisa dipilih. Pertama, menanam dari biji. Kedua, menanam dengan cara setek. Tenang, kedua cara tersebut cukup mudah dilakukan.

Pertama adalah cara menanam kaktus dari biji. Kamu hanya perlu mengisi pot dengan media tanam yang telah dicampur pupuk. Lalu, masukkan benih atau biji kaktus pada bagian bawah media tanam. Setelah itu, tutup kembali dengan tanah pada atasnya.

Berikutnya cara menanam kaktus menggunakan metode setek. Cukup potong kaktus dewasa dan biarkan mengering di suhu ruangan tanpa sinar matahari langsung. Setelah kering, masukkan kaktus ke bagian tengah pot. Gunakan sarung tangan untuk meminimalkan risiko tangan terluka akibat duri dari kaktus, ya.

Semprotkan air pada kaktus

Apabila tanaman kaktus sudah tertanam dengan benar, selanjutnya adalah menyemprotkan sedikit air hangat pada permukaan tanah. Tujuannya agar akar serta rongga kaktus tetap segar, dan tidak mudah kering selama beberapa hari ke depan.

Siram dengan rutin

Sama dengan jenis tanaman hias lainnya, kaktus juga membutuhkan air agar tetap terhidrasi dan tumbuh subur. Meskipun begitu, tidak disarankan menyiram kaktus terlalu sering. Sebab, dapat menyebabkan kaktus cepat busuk dan mati.

Cukup siram kaktus 1-2 minggu sekali, atau saat tanaman terlihat sangat kering. Siram kaktus menggunakan botol semprot pada pagi atau sore hari. Tujuannya supaya tidak terlalu basah dan lembap.

Beri pupuk

Pupuk adalah sumber nutrisi dan vitamin bagi tanaman hias agar tumbuh subur. Maka dari itu, pastikan tidak lupa memberi pupuk agar tanaman kaktus tumbuh subur dan sehat. Tidak perlu berlebihan, cukup berikan pupuk kompos setiap setahun sekali. Terutama saat musim hujan.

Letakkan pada tempat yang tepat

Hindari meletakkan tanaman pada tempat yang lembap. Karena bisa menyebabkan tanaman kaktus cepat busuk dan mati. Lebih baik letakkan di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung agar tumbuh subur.

Jika berencana menjadikannya dekorasi dalam ruangan, bisa meletakkan kaktus dekat jendela agar terkena sinar matahari. Jangan lupa juga mengangin-anginkan sekaligus menjemur pada ruangan 5-6 jam/hari agar tidak cepat busuk.

Perhatikan perkembangan

Satu lagi cara menanam dan merawat yang tidak boleh dilewatkan adalah memantau perkembangan kaktus. Hal ini bertujuan agar kamu segera mengambil tindakan apabila kaktus tak menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan.

Nah, itulah beberapa langkah menanam kaktus agar tumbuh subur dan tidak cepat mati. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *