Puluhan Kepala SD dan SMP di Bengkalis Dilatih Gunakan Bahasa Indonesia Secara Benar

LAMANRIAU.COM, BENGKALIS – Balai Bahasa Riau (BBR) memberikan penyuluhan Bahasa Indonesia kepada kepala SD dan SMP sederajat di Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 50 peserta dengan tema Bahasa Indonesia untuk Media Luar Ruang di Bengkalis, 6-7 Oktober 2019.

Pada kesempatan itu Kepala Balai Bahasa Riau, Drs Songgo A Siruah MPd mengatakan, lembaga yang dipimpinnya akan terus membantu menambah dan menaikkan kompetensi masyarakat Riau dalam berbahasa Indonesia.

Dia menyebutkan, dengan memahami Bahasa Indonesia secara benar, juga ikut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Karena bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu ribuan suku bangsa di Tanah Air.

“Harapan kami, para kepala sekolah langsung menjadi orang terdepan dalam penggunaan bahasa Indonesia yang benar di sekolah masing-masing,” kata Songgo.

Songgo juga menjelaskan, tahun ini Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan memberikan penghargaan Wajah Bahasa untuk SMP sederajat di seluruh Indonesia.

Hanya saja tahun ini tak ada SLTP dari Riau yang yang mendapatkan penghargaan tersebut.

“Semoga tahun-tahun ke depan ada sekolah dari Riau, terutama dari Bengkalis yang mendapat penghargaan Wajah Bahasa,” tutur Songgo.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Agusilfridimalis SH saat membuka kegiatan ini, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Balai Bahasa Riau atas penyuluhan Bahasa Indonesia di Bengkalis.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk para pelaku pendidikan di Bengkalis karena tanpa kita sadari, sering menggunakan bahasa daerah dalam komunikasi di tempat resmi,” kata Agus.

Dia juga berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan agar permahaman berbahasa Indonesia tenaga kependidikan dapat terus ditingkatkan.

Dengan terus meningkatnya kemampuan tersebut, maka penggunaan bahasa Indonesia yang benar juga terus meningkat.

Ketua panitia pelaksana acara, Khairul Azmi SPd, mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini, terutama Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis.

Dalam kegiatan ini, kata Khairul, selain Songgo, narasumber lainnya yang memberikan materi adalah Dra Imelda Yanche MPd.

Mereka memberikan materi tentang arah dan kebijakan bahasa, pemahaman tentang ejaan, pilihan kata dan penulisan kalimat, dan beberapa materi lainnya. (*)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *