Tekno  

Inilah Spesifikasi Hyundai IONIQ Electric

LAMANRIAU.COM, TANGERANG – Grab dan Hyundai baru saja meresmikan peluncuran taksi online bertenaga listrik pertama di Indonesia. Untuk tahap awal terdapat 20 unit Hyundai IONIQ Electric yang siap berfungsi sebagai armada taksi online. Seperti apa spesifikasi mobil listrik ini?

Secara tampilan, Hyundai IONIQ Electric memiliki pola khas grill mobil listrik yang tertutup dengan cetakan berwarna perak di bagian bawah.

Trim abu-abu anthracite yang terlihat pada bumper belakang, bezel, dan kombinasi lampu belakang LED menciptakan tampilan yang dinamis. Mobil ini juga dilengkapi dengan velg berukuran 16 inci.

Masuk ke dalam kabin, interior Hyundai IONIQ Electric memiliki desain mewah dan dilengkapi dua layar LCD yang menampilkan berbagai informasi untuk pengemudi. Sejumlah fitur konektivitas juga disematkan pada mobil listrik ini, seperti Bluetooth.

Hyundai IONIQ Electric telah menerapkan sistem Shift-by-Wire yang menghilangkan proses mekanis dan memungkinkan pergantian gigi hanya dengan menyentuh sebuah tombol dan rem parkir juga melalui sebuah tombol.

Sebagai dapur pacunya, Hyundai IONIQ Electric memiliki baterai berkapasitas 38,3 kWh yang menawarkan total estimasi jarak 373 kilometer dalam satu kali pengisian daya penuh. Fitur motor elektronik atau Permanent-Magnet Synchronous Motor menghasilkan tenaga sebesar 136 PS dan torsi 295 Nm. Mobil listrik ini pun telah dilengkapi dengan charger on-board standar 7.2-kW.

Pada port standar pengisian daya bisa memakan waktu hingga 6 jam. Namun, dengan menggunakan pengisian daya secara cepat (fast-charging) hingga 50-kW, proses isi ulang baterai dapat mencapai 80 persen dalam 57 menit. Sedangkan penggunaan fast-charging 100-kW dapat meningkatkan waktu pengisian ke 80 persen hanya dalam waktu 54 menit.

Berkapasitas lima orang, Hyundai IONIQ Electric telah dilengkapi tujuh airbag, pengukur tekanan angin pada ban, serta tiga mode berkendara, yaitu standar Eco+, Comfort, dan Sport. Pada mode Eco+, pengemudi dapat mengurangi konsumsi energi dan sisa energi dapat digunakan pada situasi darurat yang tidak terduga.

Mobil listrik ini juga dilengkapi dengan paddle shifter untuk memaksimalkan efisiensi. Tersemat pada roda kemudi, paddle shifter ini memungkinkan pengemudi untuk menambah atau mengurangi tingkat pengereman regeneratif (laju deselerasi).

Menariknya, tak hanya diperuntukan bagi taksi online, Hyundai Indonesia juga membuka keran pemesanan untuk IONIQ Electric bagi masyarakat yang berminat memiliki mobil listrik.

Adapun harga yang ditawarkan adalah Rp569 juta off-the road alias belum termasuk pajak, dengan masa tunggu atau inden sekitar 2-3 bulan. (ILC)

 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *