Tekno  

Tangani Pasien Corona, Thailand Pakai Robot Ninja

LAMANRIAU.COM, BANGKOK – Sejumlah rumah sakit di Thailand mengerahkan ‘robot ninja’ untuk mengukur demam yang dialami pasien, demi melindungi kesehatan pekerja medis yang berada di garis terdepan dalam penanganan virus corona (COVID-19).

Robot ninja ini awalnya dibuat untuk memantau pasien stroke saat pemulihan. Namun, kini sang robot juga memiliki tugas ganda untuk mengecek suhu tubuh pasien di rumah sakit.

Keberadaan robot itu dapat mencegah penularan dari pasien kepada petugas medis.

Untuk saat ini, robot tersebut sudah ‘bekerja’ di empat rumah sakit di Kota Bangkok.

Cara kerjanya, robot ninja akan memeriksa suhu tubuh pasien. Setelah hasilnya keluar, dokter atau suster akan muncul melalui video untuk menanyakan keluhan yang diderita pasien.

“Mereka (dokter) dapat berdiri di ruangan lain, dan tetap berkomunikasi dengan pasien melalui robot,” kata Viboon Sangveraphunsiri dari Chulalongkorn University, seperti dilansir AFP.

Robot ninja akan mengemban tugas lain dalam waktu dekat, antara lain membawa makanan, obat-obatan dan memberikan disinfektan untuk ruangan yang telah ditempati pasien corona.

Tim teknis yang mengembangkan robot ninja ini akan membuat lebih banyak robot untuk 10 rumah sakit lain di Thailand dalam waktu dekat. (ILC)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *