Tekno  

Penelitian Temukan Virus Corona Bisa Ganggu Kesuburan Lelaki

Ilustrasi Covid-19 dapat mengganggu kesuburan lelaki. (Shutterstock)

LAMANRIAU.COM – Virus corona memiliki cara kerja yang unik dan tidak bisa dideteksi para dokter. Virus ini bisa menyerang paru, kulit, hingga beragam bagian tubuh lainnya. Terbaru, virus corona bahkan bisa merusak kesuburan lelaki.

Mengutip Daily Mail, Jumat (5/6/2020), para peneliti di Tufs University dan Gongii Medical College di China memang menemukan sedikit bukti keberadaan virus di testis laki-laki, tetapi peneliti menemukan virus dapat merusak kesuburan di beberapa jenis sel testis.

Seperti diketahui, testis adalah organ berbentuk dua bulatan di alat kelamin laki-laki yang berfungsi sebagai tempat produksi sperma.

Perubahan yang merusak kesuburan yang paling mengganggu pada laki-laki yang positif Covid-19 adalah tubulus seminiferus, yaitu struktur kecil pada tesis yang berfungsi memelihara dan memproduksi sperma.

Saat terinfeksi, sel akan ‘menggelembung’, itu berarti sel akan merenggang dan dideformasi atau mengalami perubahan bentuk.

Meskipun pasien dalam kondisi sehat, tapi saat terinfeksi SARS CoV 2, ilmuwan khawatir kerusakan pada seminiferus bisa menyebabkan produksi sperma yang kurang, atau bahkan sperma tidak tersedia usai sembuh dari Covid-19.

Temuan ini dipublikasi dalam jurnal European Eurology, dan belum ditinjau lebih jauh.

Sementara ini penelitian belum menemukan kandungan virus dalam air mani atau keberadaannya di cairan vagina, tetapi karena sel di testis memiliki reseptor ACE 2 yang berfungsi sebagai pintu masuk virus, maka laki-laki disarankan tidak menyumbangkan spermanya. (SC)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *