Polres Bengkalis Launching Kampung Tangguh

LAMANRIAU.COM, BENGKALIS – Kepolisian Resort (Polres) Bengkalis me-launching program Kampung Tangguh Nusantara di Desa Sungai Alam, Kecamatan Bengkalis, Kamis 9 Juli 2020. Kegiatan ini dibuka Kapolres AKBP Hendra Gunawan SIK. M.T. bersama Plh Bupati H. Bustami HY beserta untuk Forkompimda.

Kampung Tangguh adalah program Jaga Kampung merujuk kepada Undang-undang Nomor 02 tahun 2002, tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kapolres Bengkalis Hendra Gunawan mengatakan, kegiatan kerja bersama dengan Pemerintah Kabupaten juga didukung oleh Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan (IPMPL).

“Kami berterima kasih kepada Pemda Kabupaten Bengkalis telah menyiapkan  lahan kepada kami seluas 5 hektare. Sekarang ini baru kami fungsikan seluas 2 hektare. Untuk tahap pertama ini kami menanam bibit nenas dan tahap selanjutnya bibit pinang di pinggir lahan tersebut,” ucap Kapolres.

Sementara itu, Plh. Bupati Bengkalis Bustami HY menambahkan, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten, Ia memberikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran Polres yang telah menginisiasi pembentukan Jaga Kampung.

“Kami pemerintah daerah tentunya sangat mendukung program positif ini, dapat menjadikan masyarakat Kabupaten Bengkalis yang kompak dan ikut berperan aktif dalam manjaga situasi Kamtibmas, agar tetap kondusif dan secara responsif masyarakat bisa menyelesaikan permasalahan dengan menerapkan pola penanganan yang efektif dibidang kesehatan, ekonomi, sosial dan budaya,” ulas Bustami.

Lanjutnya, Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, harus dipetik hikmahnya. Jangan sampai pandemi ini menjadi momok membuat warga lemah.

“Kita harus optimis untuk kemajuan. Kegiatan-kegiatan pemerintah maupun kegiatan yang ada di masyarakat utamanya kegiatan ekonomi, agar terus berjalan,” kata Busatami.

Ada 4 perioritas yang diutamakan dalam pelaksanaan jaga kampung dalam wadah kampung tangguh nusantara yakni kampung tangguh masalah kesehatan, ekonomi, keamanan dan ketertiban serta kampung tangguh terhadap pangan.

Harapannya, kata Bustami, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di Bengkalis dapat kiranya membantu dan bersinergi dengan Polres agar seluruh desa dapat membentuk Kampung Tangguh ini. (rls)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *