Tekno  

Google Photos Resmi Berlakukan Layanan Berbayar

LAMANRIAU.COM – Google hari ini, Rabu 2 Juni 2021 resmi mengumumkan penyimpanan foto di akun Google Photos berbayar. 

Mengutip The Verge, Google hanya mengratiskan 15 GB saja untuk pengguna. Setelah lebih dari batas 15 GB, bagi pengguna yang ingin meningkatkan kapasitas, maka harus membeli layanan Google One.

Google menyediakan setiap akunnya dengan penyimpanan gratis sebesar 15 GB. Selama beberapa tahun terakhir, Google menyimpan foto dalam jumlah tak terbatas secara gratis selama kita mengizinkannya untuk dikompresi menjadi 16 megapiksel.

Namun, mulai 1 Juni 2021, Google memasukkan foto dalam perhitungan penyimpanannya. Setelah mencapai batas 15 GB, kita harus membeli layanan Google One untuk dapat ruang penyimpanan tambahan.

Google One saat ini mulai dari penyimpanan 100 GB seharga Rp28.000 per bulan (Rp285.000 per tahun) dan berlanjut ke 200 GB seharga Rp42.000 per bulan (Rp427.000 per tahun) atau 2 TB seharga Rp142.000 per bulan (Rp1,4 juta per tahun). Paket 2 TB juga dilengkapi dengan VPN untuk ponsel Android.

Sebelum mulai menggunakan Google One, ketahuilah bahwa ada beberapa faktor yang meringankan ditawarkan Google kepada penggunanya. Foto yang kita unggah sebelum 1 Juni 2021, tidak dihitung dalam batas 15 GB.

Selain itu, jika memiliki ponsel model Pixel 5 atau versi sebelumnya, kita dapat terus mengupload foto “kualitas tinggi” dan hemat penyimpanan” tanpa memengaruhi batas 15 GB.

Dalam waktu dekat Google akan meluncurkan beberapa perangkat untuk membantu pengguna memperkirakan berapa banyak ruang penyimpanan tersedia sebelum  harus membeli Google One.

Perangkat tersebut juga akan membantu untuk menyortir, mana foto yang terlalu buram, video berkapasitas terlalu besar, dan item lain yang mungkin menghabiskan ruang penyimpanan. (rri)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *