Tokoh  

HM Yunus, ‘Raja Kampar’ yang Berhasrat Bangun Istana

yunus

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Siapa yang tidak mengenal HM. Yunus. Pengusaha rumah makan ternama dari Provinsi Riau yang bernama Pondok Patin HM Yunus, terletak di Simpangtiga, Kecamatan Bukitraya, kota Pekanbaru.

Selepas melaksanakan sholat Jumat, Haji Yunus bercerita akan mendirikan istana di kabupaten Kampar. Niat untuk mendirikan istana itu sudah lama jadi impiannya.

Baca : Entrepreneur Muda Berprofesi Dokter

Datuk Panglimo Harimau Kampa ini menceritakan bahwa kerajaan Kampar sudah diakui tingkat nasional bahkan internasional. Pengakuan tersebut didapatkannya ketika melakukan pelancongan ke berbagai negara seperti Malaysia, Thailand, Brunai Darussalam dan negara lainnya di Eropa.

“Saya sudah banyak melakukan perjalanan ke berbagai negara. Saya tidak malu-malu menyebutkan jati diri saya orang Kampar. Ternyata pengakuan saya ini mendapat kehormatan dari kolega dari berbagai negara yang saya kunjungi bahwa mereka sangat hormat dengan kerajaan Kampar,” ungkap HM. Yunus, Jumat 27 Agustus 2021.

Ibarat membangkitkan batang terendam, HM Yunus sadar niatnya ini akan banyak mendapatkan dukungan bahkan penolakan dari masyarakat. Namun, ia tetap optimis.

Bahkan HM. Yunus sudah membayangkan akan mendirikan Istana Kampar ini dengan cepat jika sudah mendapat persetujuan dari berbagai pihak para Ninik Mamak bahkan pemerintah.

“Saya membayangkan jika ada masyarakat Kampar yang mewakafkan atau menghibahkan tanah seluas 5 hektare, Istana Kampar ini akan dapat saya bangun. Saya memiliki banyak teman atau kolega yang memiliki visi dan misi sama untuk melestarikan adat dan budaya didunia ini. Mereka semua akan mendukungnya. Percayalah,” ungkapnya dengan penuh keyakinan.

Niat baik dari HM. Yunus mendapat dukungan dari para Ninik Mamak kenegerian Air Tiris Kabupaten Kampar. Dia adalah Hermansyah bergelar Pangeran.

Hermansyah menceritakan, niat HM. Yunus akan mendirikan istana Kampar ini telah disetujui oleh 12 orang Ninik Mamak. “Bahkan para Ninik Mamak ini juga setuju menobatkan HM. Yunus didaulat sebagai Raja Kampar,” ungkap Hermansyah.

Terkait pendirian istana Kampar, Hermansyah mengungkapkan untuk tahap awal ini dia bersama para Ninik mamak akan mengurus administrasinya terlebih dahulu. Termasuk juga akan meminta pendapat dan masukkan dari berbagai pihak. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *