Tekno  

Android 13 Telah Rilis Sebagai Developer Priview

android 13

LAMANRIAU.COM  – Android 13 telah resmi di Publikasi pada 11 Februari 2022. Ini adalah versi paling awal dari sistem operasi yang di kenal sebagai pratinjau pengembang. Meskipun siapa pun dapat mengunduh dan menginstalnya, perangkat lunaknya akan penuh dengan bug dan tidak stabil, jadi ini terutama hanya untuk pengembang.

Dengan Android 13, Terlihat akan melanjutkan beberapa tema penting seperti, privasi dan keamanan, serta kemudahan produktivitas para pengembang aplikasi.

Developer juga akan mengembangkan beberapa pembaruan baru yang ada buat di 12L untuk membantu Developer memanfaatkan 250+ juta perangkat Android layar besar yang saat ini berjalan.

Penting untuk dicatat bahwa ini hanyalah “tampilan pertama” pada OS yang akan datang, ditujukan untuk para pengembang seperti Aplikasi hingga skin UI yang terhubung dengan Android. Berikut bocoran fitur baru Android 13:

Photo Picker Baru

Google mengenalkan API photo picker baru untuk Android 13. Dengan fitur baru ini, pengguna bisa berbagi foto dan video dengan sebuah aplikasi tanpa perlu memberikan izin kepada aplikasi untuk melihat semua foto yang ada di perangkat.

Baca Twitter Uji Coba Fitur Playback Speed

Pengguna tetap bisa membagikan foto yang ada di ponselnya atau yang di simpan di cloud, tanpa memberikan akses ke semua galeri. Google berencana membawa fitur ini ke Android 11 dan yang lebih baru lewat update sistem Google Play.

Ikon aplikasi sesuai tema

Google merilis sistem tema Material You di Android 12 yang memungkinkan pengguna mengatur tema ponsel sesuai skema warna wallpaper yang dipilih. Di Android 13, Google memperluas sistem ini ke ikon aplikasi agar bisa berubah warna sesuai dengan temanya.

Fitur ini akan hadir di ponsel Google Pixel terlebih dahulu. Tapi Google mengatakan mereka sudah bekerjasama dengan vendor lain untuk merilis fitur ini secara lebih luas

Lebih banyak update lewat Google Play

Lewat Project Mainline, Google berencana merilis fitur baru untuk aplikasi lewat Google Play Store ketimbang lewat update sistem operasi. Dengan cara ini, ponsel yang menjalankan sistem operasi berbeda tetap bisa menikmati fitur yang sama.

Pendukung Untuk Layar Besar

Android 13 akan mengikuti jejak Android 12L untuk mendukung perangkat berlayar besar seperti tablet, ponsel layar lipat, dan Chromebook. Saat ini belum ada informasi lengkap soal dukungan tersebut.

Jadwal Rilis Full Android 13

Google mengatakan Android 13 developer preview akan di rilis pada Februari dan Maret 2022, sebelum bertransisi ke versi beta pada bulan April. Versi stabilnya di prediksi akan siap sekitar bulan Juni atau Juli sebelum di rilis menjelang akhir tahun.

Februari-Maret : Developer Previews

April-Juni: BETA Release

Juni-Juli: Platform Stability hingga ke Final Release

Dengan asumsi tidak ada kemunduran besar, peluncuran stabil Android 13 akan mendarat sekitar Agustus 2022.(rds)

 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *