Konferprov XV PWI Riau , Masrul Kasmy, Pers Berkualitas, Pers yang Mampu Tangkis Penyebaran Berita Hoax

Masrul Kasmy, Asisten I Bidang Pemerintah dan Pemberdayaan Masyarakat (mediacenterriau)

LAMANRIAU,COM, BENGKALIS – Pers berkualitas tidak sekedar bermakna pers yang mampu menghadirkan konten-konten berita atau informasi yang berkualitas kepada masyarakat. Namun, harus bisa menangkis penyebaran hoax atau berita bohong (fake news).

Demikian dikatakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Setdaprov Riau, Masrul Kasmy saat mewakili Gubernur Riau, pada acara pembukaan Konferensi Provinsi (Konferprov) XV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau di Bengkalis, Rabu malam, 22 Juni 2022..

“Kondisi maraknya informasi hoax, sudah menjadi perhatian serius dari kita semua. Apalagi sekarang ini berita-berita hoax atau berita bohong, telah terjadi berulang-ulang, sehingga sangat mengkhawatirkan masyarakat luas,” ujar Masrul.

Untuk itu, tambah Masrul, keberadaan media dan Insan Pers sebagai media penyebarluasan informasi, akan menjadi sangat penting, karena dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi yang aktual dan factual.

“Wajah pers setiap hari ditentukan oleh mereka dari pers berkualitas, masyarakat cerdas dan redaksi pers yang idealnya harus independen,” Masrul menuturkan.

Pers yang menyadari hal ini, imbuh Masrul, telah memiliki sistem/pola rekrutmen serta pendidikan dan pelatihan yang baik. Dalam hal ini, sangat diperlukan Standar Kompetensi Wartawan yang dapat membantu perusahaan pers meningkatkan profesionalisme wartawannya.

Editor: Deandra – Sumber: mediacenter.riau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.