Tekno  

Mata Cepat Lelah Sering Lihat Monitor, Ini Tips Menghindarinya

Sering-sering melihat layar moniotr, membuat mata cepat lelah (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sering orang mengeluh, matanya cepat lelah dan perih karena sering menatap layar monitor komputer atau laptop.

Padahal dalam kondisi sekarang ini, kita dipaksa untuk bekerja lebih banyak lewat media online, melalui ponsel pintar atau komputer.

Keluhan pun muncul, mata menjadi cepat lelah, penglihatan kabur, mata kering, sakit kepala, hingga nyeri leher dan bahu.

Guna mengatasi hal itu, perlu diterapkan sejumlah langkah pencegahan seperti tips yang dilansir Logan Sport Memorial, Sabtu, 25 Juni 2022.

1. Kurangi durasi lihat layar monitor

Anda bisa mengurangi ketegangan mata dengan mengurangi waktu menatap monitor.

Caranya mengikuti aturan 20/20/20/ atau setiap 20 menit berpaling dari monitor setidaknya selama 20 detik. Ketika berpaling dari layar monitor, fokuslah pada objek yang setidaknya berjarak 20 kaki.

Anda harus berkonsentrasi untuk memfokuskan penglihatan pada objek itu. Anda juga disarankan beristirahat dengan banyak minum atau pergi ke toilet agar tidak terus-terusan menatap monitor.

2. Perbaiki cara menatap monitor

Anda disarankan memperbaiki postur tubuh. Jangan bermain ponsel dengan posisi tidur atau menyalakannya saat gelap.

Pastikan menggunakan jarak tampilan optimal (20–28 inci), dan mengurangi kecerahan layar yang berlebih.

3. Pakai kacamata antiradiasi

Menggunakan kacamata antiradiasi dapat membantu menjaga kesehatan mata. Pasalnya, kacamata ini memiliki lensa yang mengurangi silau dan membantu Anda fokus.

4. Gunakan obat tetes mata

Ketika mata gatal atau pegal, mungkin karena dalam kondisi kering. Pakai obat tetes mata untuk meredakan keadaan kering tersebut.

Penggunaan obat tetes mata secara teratur bisa membantu menjaga mata tetap lembap dan mudah fokus.

Editor: Deandra – Sumber: okezone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.