Tekno  

Waspada, Ada Iklan Palsu YouTube di Google Search, Jangan Di Klik

Awas hati-hati, ada iklan palsu youtube di google searc (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Belakangan ini muncul iklan youtube di google search. Iklan itu seolah-olah dari youtube, padahal iklan tersebut palsu.

Perusahaan keamanan siber Malwarebytes mengungkapkan, mereka menemukan kampanye malvertising “besar” yang menyalahgunakan iklan Google.

Saat mencari kata kunci terkait ‘YouTube’, iklan pertama yang ditampilkan di hasil pencarian berjudul, ‘YouTube – Video YouTube Terbaik’ atau ‘YouTube.com – YouTube – Video YouTube Terbaik untuk Kamu.’

Dilihat dari iklannya, tidak ada yang terlihat mencurigakan, karena berisi URL youtube.com yang benar dan juga menampilkan elemen iklan tambahan di bawah iklan.

Namun, mengklik iklan tidak akan membawa Anda ke YouTube melainkan ke penipuan dukungan teknis yang berpura-pura menjadi peringatan keamanan dari Windows Defender.

Dari tes yang dilakukan oleh BleepingComputer, dikutip Jumat, 22 Juli 2022, penipuan dukungan teknis terletak di URL http://matkir[.]ml dan http://159.223.199[.]181/ yang memperingatkan pengunjung bahwa ‘Windows diblokir karena aktivitas yang meragukan’ dan Windows Defender mendeteksi Trojan Spyware bernama ‘Ads.financetrack(2).dll.’

Bagi mereka yang menggunakan VPN, kabar baiknya adalah situs scam akan memeriksa apakah anda menjalankan VPN. Jika demikian, situs scam akan mengarahkan pengguna ke situs YouTube yang sah.

Dalam kebanyakan kasus, scammer akan mengunci komputer anda. Dia akan memberi tahu bahwa komputer anda terinfeksi. Anda disuruh membeli lisensi dukungan. Lalu mengarahkan ke kontrak dukungan mahal yang tidak memberikan manfaat bagi korban.

Kampanye malvertising itu sendiri masih berjalan di Google Search. Hal ini terlihat seperti ditunjukkan tweet dari Malwarebytes.

Alasan sipembuat kampanye malvertising ini begitu menakutkan. Hal ini menunjukkan ancaman pelaku dapat membuat iklan yang meniru perusahaan untuk mendistribusikan malware, halaman phishing, atau jenis serangan lainnya.

Editor: Deandra

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *