6 Jamaah Haji yang Baru Tiba, Positif Covid-19, Isoman di Daerah Masing-masing

Sebanyak 6 orang jamaah haji Kloter 4 BTH dari Riau terkonfirmasi positif Covid-19 (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sebanyak enam jamaah haji Riau dari Kelompok Terbang (Kloter) 4 Hang Nadim Batam (BTH), terkonfimasi positif COVID-19.

Hal itu diketahui dari hasil tes antigen kepada jamaah haji yang baru tiba di Riau.

“Haji yang terkonfirmasi positif COVID-19 diberlakukan aturan sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan,”  kata Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Masrul Kasmy kepada media di Pekanbaru, Minggu 31 Juli 2022.

Masrul tidak menyebutkan nama da nasal jamaah yang terkonfirmasi positif Covid-19. Tapi, dia menyebutkan ke enam jamaah itu telah dipulangkan ke daerah masing-masing. Isolasi mandiri dilakukan di daerah asal.

“Bagi haji yang dinyatakan positif COVID-19 maka perlakuannya dikembalikan kepada kabupaten/kota masing-masing. Mungkin kondisi tubuh tidak stabil, perawatan aturannya memang isolasi mandiri. Nanti bisa dikontrol ketika isolasi mandiri,” ucapnya.

Disebutkan kloter pertama dari Riau atau Kloter 4 BTH sebanyak 55 orang. Mereka berasal dari Kabupaten Kampar. Rombongan ini telah tiba di Pekanbaru, Jumat, 29 Juli 2022.

Selanjutnya, 459 haji Kloter 5 BTH dari Kabupaten Kampar, Indragiri Hulu dan Kota Pekanbaru tiba pada Minggu, 31 Juli 2022, malam.

Sedangkan untuk Kloter 5 BTH pihaknya masih menunggu laporan petugas kesehatan yang saat ini masih melakukan tes antigen.

“Berkaitan dengan telah ditemukannya haji yang positif COVID-19 maka sebagai langkah antisipasi pada kloter berikutnya akan disiapkan 15 kamar khusus,” tambahnya. ***

Redaktur: Denni Risman