Berangkat Kloter terakhir, 44 Jemaah Kuota Tambahan Riau Mulai Lakukan Pelunasan

LAMANRIAU.COM,PEKANBARU – Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) untuk kuota tambahan telah dibuka. Dalam Keppres No 12 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Keppres No 7 Tahun 2023 dijelaskan tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 1444 H/2023 M yang bersumber dari Bipih dan Nilai Manfaat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau melalui Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Drs. H. Syahrudin, M.Sy  membenarkan bahwa pemerintah telah mengeluarkan Keppres untuk pelunasan Bipih Kuota Tambahan. Pelunasan untuk kuota tambahan dibuka selama tiga hari, 8 -12 Juni 2023.

“Indonesia tahun ini mendapat tambahan kuota dari Arab Saudi sebesar 8.000 jemaah. Untuk kuota tambahan Riau mendapat 232 orang, 188 telah melunasi di cadangan tahap ketiga, tinggal lagi 44 orang yang akan melunasi dari tanggal 8 sampai dengan tanggal 12 Juni 2023”, jelasnya, Pada Senin 12 Juni 2023.

Hari pertama dibuakanya pelunasan Bipih tambahan kuota, jemaah yang sudah melunasi sebanyak 42 orang dari 44 orang, sehingga tinggal 2 orang lagi dan kemungkinan untuk hari berikutnya.

Sebagaimana Kementerian Agama telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No 467 tahun 2023 tentang Penetapan Kuota Haji Tambahan 1444 H/2023 M. Dalam KMA tersebut diatur bahwa kuota tambahan terdiri atas 7.360 kuota haji reguler dan 640 kuota haji khusus. Untuk haji khusus, kuota tambahan ini terdiri atas 600 jemaah dan 40 kuota petugas.

Kuota haji reguler tambahan, kata Saiful Mujab, diperuntukkan bagi jemaah haji reguler berdasarkan urutan nomor porsi berikutnya yang meliputi:

a. Jemaah haji reguler yang saat pelunasan tahap sebelumnya mengalami kegagalan sistem;

b. Jemaah haji cadangan yang telah melakukan pelunasan; dan

c. Jemaah haji reguler nomor urut porsi berikutnya setelah jemaah haji cadangan

Jemaah kuota tambahan ini menjadi Jemaah gelombang kedua yang akan menuju Jeddah dan  langsung ke Makkah. Jemaah nantinya akan diberangkatkan pada tanggal 22 Juni 2023.

“Jemaah kuota cadangan ini bergabung dengan Jemaah Riau lain yang belum diberangkatkan pada gelombang pertama. Sebagaimana jadwal Jemaah ini akan bergabung dengan kloter terakhir BTH yang akan berangkat pada tanggal 22 Juni 2023,”pungkasnya.

Editor:Fahrul Rozi/Penulis:M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *