Tekno  

Jerry Lawson Menjadi Tema Google Doodle Hari Ini

Jerry Lawson Menjadi Tema Google Doodle Hari Ini

LAMANRIAU.COM, KAMPAR – Jerry Lawson menjadi Tema Google Doodle Hari Ini. Jerry Lawson adalah seorang sosok bapak video game moderen, yuk kita simak profil Jerry Lawson berikut ini.

Sosok dalam Google Doodle tersebut, akrab di sapa Jerry Lawson yang merupakan ‘Bapak Game Modern’. Ia merupakan pimpinan tim yang mengembangkan sistem video game rumahan pertama dengan game cartridges yang dapat di pertukarkan.

Ia lahir di Brooklyn, New York pada 1940, ia mempunyai bakat yang sangat luar biasa di bidang elektronik ia mampu mengotak atik komponen elektronik sejak usia dini. Dia bahkan bisa memperbaiki TV milik para tetangganya dan membuat stasiun radio sendiri memakai komponen daur ulang.

Baca Juga Jepang Vs Spanyol : Luis Enrique Optimis Bawa Spanyol Ke 16 Besar

Perjalanan Hidup Jerry Lawson

Ia kuliah di Queens College dan City College of New York tetapi keluar dan memulai kariernya di Palo Alto, California.

Pada saat itu, kota dan wilayah sekitarnya di kenal sebagai “Silicon Valley” karena munculnya perkembangan teknologi baru yang inovatif yang di dirikan di daerah tersebut.

Setibanya di California, Lawson bergabung dengan Fairchild Semiconductor sebagai konsultan teknik. Beberapa tahun kemudian, Lawson di promosikan menjadi Direktur Teknik dan Pemasaran departemen video game Fairchild di mana dia memimpin pengembangan sistem Fairchild Channel F (“F” berarti kesenangan!).

Ini adalah konsol sistem video game rumahan pertama yang menampilkan kartrid game yang dapat di pertukarkan, joystick digital 8 arah, dan menu jeda. Channel F membuka jalan bagi sistem game masa depan seperti Atari, SNES, Dreamcast, dan lainnya.

Pada tahun 1980, Lawson meninggalkan Fairchild untuk memulai perusahaannya sendiri, VideoSoft—salah satu perusahaan pengembangan video game paling awal milik Black. Perusahaan menciptakan perangkat lunak untuk Atari 2600, yang mempopulerkan kartrid yang di kembangkan Lawson dan timnya.

Meskipun mereka tutup lima tahun kemudian, Lawson sendiri telah memantapkan sebagai pelopor dalam industri ini dan terus berkonsultasi dengan berbagai perusahaan teknik dan video game sepanjang sisa kariernya.

Pada tahun 2011, International Game Developers Association mengakui Jerry Lawson sebagai perintis industri atas kontribusinya dalam dunia game. Pencapaian Lawson di abadikan di World Video Game Hall of Fame di Rochester, New York.

Terima kasih Gerald “Jerry” Lawson atas hiburan yang telah kau wariskan

Editor : Fahrul Rozi / Penulis : M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews