Ekraforia Berhasil Perkuat Kolaborasi Aksi Majukan Ekraf di Bengkalis

Pemotongan Tumpeng pada acara malam puncak Ekraforia 2023, tampak Bupati Bengkalis didampingi oleh Bupati Bengkalis ke-14 Bapak Amril Mukminin, Wakil Bupati Bengkalis Bapak Bagus Santoso, beserta Ketua Umum Bengkalis Creative (BCN) Riza Zuhelmy

LAMANRIAU.COM, BENGKALIS – Euforia Ekonomi Kreatif (Ekraforia) yang digelar pada rangkaian Hari Jadi ke 511 Bengkalis, Sabtu 29 Juli 2023 di Wisma Daerah Bupati Bengkalis berhasil memperkuat kolaborasi dalam pengembangan ekonomi kreatif di Kabupatemn Bengkalis.

Hal itu dibuktikan pasca Ekraforia. Forum lintas komunitas dan pelaku ekonomi kreatif mempertegas tiga aspirasi yang akan dilanjutkan dengan kolaborasi aksi dan tindakan konkrit.

Coaching Clinic dari Kak Bagas seorang Voice Over nasional di lokasi pameran Literasi Sejarah pada event Ekraforia 2023

Tiga hal tersebut masing masing tentang pentingnya mengembangkan Community Space melalui penetapan kawasan sebagai tapak kreatif. Selanjutnya, fokus pada pendirian Bengkalis Creative sebagai pusat inkubasi, pengembangan produksi, promosi, dan pemasaran bagi pelaku ekonomi kreatif.

Kemudian menargetkan pengaktifan cagar budaya penjara zaman Belanda di Bengkalis sebagai pusat kreatif dengan konsep literasi sejarah, pemasaran produk ekonomi kreatif, dan ruang terbuka yang ramah.

Persembahan kompang kreasi dari kelompok kompang sebauk diawal acara puncak malam Ekraforia 2023

Ketua Umum Bengkalis Creative Network (BCN) Riza Zuhelmi menyatakan, sebelum pelaksanaan Ekraforia, para forum lintas komunitas dari berbagai komunitas kreatif seperti BCN, Genpi Bengkalis, Gekrafs Bengkalis, KNPI, Karang Taruna, Bengkalis Music Space telah menyatukan pandangan untuk bergerak bersama.

Ia menegaskan, para pihak pasca Ekraforia sepakat melanjutkan pembahasan lebih lanjut terkait rencana aksi nyata ke depan. Adanya kolaborasi yang solid antara organisasi dan komunitas ini diharapkan mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

“Pelaksanaan Ekraforia ini menjadi tonggak penting dalam membangun kolaborasi dan sinergi di antara para pelaku ekonomi kreatif di Bengkalis. Kami yakin dengan adanya kerjasama yang kokoh ini, kita dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan ekonomi kreatif dan turut melestarikan nilai budaya lokal,” sebut Riza Zuhelmi.

Suasana pengunjung di lokasi pameran Literasi Sejarah di event Ekraforia pada siang hari

Riza mengklaim, Ekraforia mengangkat tema “Kolaborasi Aksi dalam Kreasi” sukses digelar sesuai rencana. Menurut, lancar Ekraforia berkat ke kompak lintas komunitas dan pelaku ekraf serta campur tangan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta dan pendukung acara Ekraforia ini. Khususnya kepada Bupati Bengkalis ibu Kasmarni yang sangat mendukung terlaksananya Ekraforia ini. Dukungan dan partisipasi aktif dari berbagai pihak telah membantu menciptakan momentum positif bagi perkembangan ekonomi kreatif di Bengkalis dan Bengkalis Bermasa,” pungkasnya.

Dongkrak Ekonomi

Bupati Bengkalis Kasmarni menuturkan, Ekraforia sebagai upaya dalam pengembangan ekonomi kreatif (Ekraf) untuk pelaku usaha dan mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis tentu sangat mendukung pengembangan ekonomi kreatif untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat seperti ini. Terima kasih kepada seluruh pihak khususnya BCN dan Bengkalis Inverm yang telah menggagas terselenggaranya kegiatan ini,” ujar Bupati Kasmarni, didampingi Wabup Bagus Santoso saat membuka kegiatan Ekraforia.

Pelelangan 3 hasil Mural terbaik yang telah diperlombakan pada malam puncak Ekraforia 2023 yang dipandu langsung oleh Wakil Bupati Bengkalis Bapak Bagus Santoso

Melalui momentum ekraforia yang diisi dengan kegiatan criktop, food cook serta pameran dan literasi sejarah ini, diharapkan juga dapat menjadi sarana untuk membangun sinergi dalam menyukseskan berbagai program pembangunan, khususnya dalam memajukan serta mengembangkan ekonomi kreatif yang ada di Negeri Junjungan.

Suasana Workshop Kriya Tempurung Kelapa oleh mentor kak Ardi Adnan selaku owner Kerajinan Tempurung Kelapa, tampak peserta dari pelajar SMP dan SMA sederajat sedang fokus mendengarkan

“Pengembangan ekraf atau ekonomi kreatif, harus kita dukung bersama-sama, karena kita harus menyadari bahwa ekraf mampu menjadi pondasi masyarakat yang akan berdampak pada pemerataan kesempatan dan pendapatan masyarakat secara luas,” ungkapnya.

Dipenuhi Warga

Ekraforia yang digelar sempena Hari Jadi ke 511 Bengkalis disambut antusias warga Bengkalis. Ratusan warga mendatangi lokasi acara menikmati berbagai pertunjukan seni budaya, pameran literasi dan lain sebagainya.

Diketahui, Ekraforia diisi delapan rangkaian kegiatan. Diantaranya, pembukaan dan peresmian pameran literasi, workshop, creative talk, kompetisi kreasi, pentas seni dan budaya, food court lokal brand, pentas seni dan budaya dan pelelangan mural.

Kunjungan oleh Ketua Umum Bengkalis Creative Network (BCN) Riza Zuhelmy beserta Tokoh Muda Karang Taruna Kab. Bengkalis Alga Viqky Azmi dan Bendahara BRCN Arif Eka Saputra di salah satu tenant Kersani Mulia

Ketua Panitia Ekraforia, Ade Idra Suhara mengatakan antusias warga tersebut dimulai sejak rangkaian kegiatan dimulai.

Alhamdulillah, warga sangat antusias datang ke lokasi kegiatan Ekraforia. Hal ini tentu menjadi nilai tambah positif dan memperkuat rantai nilai ekonomi kreatif, dan kami meyakini Ekraf akan jadi motor penggerak baru dalam tatanan ekonomi Bengkalis khusus nya” kata Ade.

Penampilan Marching Band oleh Andam Dewi Marching band pada malam puncak Ekraforia 2023. Terlihat sangat ramai, kompak, dan meriah.

Kesuksesan Ekraforia tegasnya, karena adanya kolaborasi yang baik dari berbagai pihak. Ia memberikan apresiasi kegiatan semua pihak khususnya jajaran panitia pelaksana yang telah memberikan sumbangsihnya tenaga dan pikiran hingga Ekraforia sukses digelar. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *