Cara Aman Konsumsi Daging Agar Terhindar Dari Virus PMK

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)  hingga saat ini masih terus menginveksi hewan ternak khususnya sapi. Meskipun virus PMK tidak menular kepada manusia.  Namun sebaiknya kita tetap waspada dalam mengkonsunsi daging sapi. Apal lagi dua hari ke depan umat Islam akan melakukan pemotongan hewan kurban,  umumnya yang akan dikurbankan adalah sapi.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau, Herman melalui Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan drh Faralinda Sari mengatakan, meskipun saat ini sudah banyak ditemukan hewan ternak yang terpapar PMK di Riau. Namun, menurutnya virus PMK ini tidak menular ke manusia. Tetapi sebaiknya hewan yang dikurbankan adalah hewan yang bebas dari virus PMK.

“Berdasarkan penelitian, PMK ini tidak menular ke manusia. Tapi hendaknya sapi yang akan disembelih atau dikurbankan, terbebas dari virus PMK,” ujarnya.

Namun demikian, agar daging yang akan dikonsumsi aman, hendaknya dapat dilakukan beberapa cara. Diantaranya merebus daging minimal 30 menit, atau membekukan daging selama 24 jam.

“Sebelum dicuci hendaknya daging direbus minimal 30 menit, karena dikhawatirkan air cucian nantinya dapat mencemari lingkungan dan menularkan kepada hewan lain. Ataupun dibekukan selama 24 jam agar virusnya mati,” sebutnya.

Sementara itu, untuk progres vaksinasi bagi hewan ternak di Riau saat ini masih terus berjalan. Progresnya sudah mencapai lebih 60 persen.

 “Vaksinasi PMK bagi hewan ternak masih terus dilakukan, progessnya sudah lebih 60 persen,” katanya.***

Editor: zulfilmani

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *