Mode  

Ini Indikator Kulit yang Sehat

LAMANRIAU.COM – Memiliki kulit yang sehat merupakan idaman setiap orang, baik pria maupun wanita. Namun, bagaiman kita mengetahui kulit sehat itu? Apa saja indikatornya?

Dokter estetika Skin+ Indonesia, Renobulan Sanusi mengatakan, indikator kulit sehat adalah memiliki warna kulit yang rata, bersih, tekstur kenyal, lembab, dan jika disentuh terasa lembut dan halus serta tidak tampak tanda-tanda aging (penuaan kulit).

“Memiliki kulit yang sehat tidak bisa secara instan tetapi harus terus dijaga. Caranya, dari gaya hidup, asupan, dan dengan perawatan (treatment) di klinik estetika serta rutin menggunakan skin care setiap hari,” kata Renobulan di Jakarta.

Selain itu, kata Renobulan, asupan tentu memengaruhi kesehatan tubuh dan kulit. Makanan yang tidak sehat sebaiknya dihindari, seperti makanan yang mengandung banyak minyak, siap saji, yang terlalu manis, dan juga minuman berkarbonasi. Ditambah lagi pengertahuan tentang riwayat lergi tertentu yang berpengaruh pada kulit, seperti makanan berminyak, susu kacang.

“Jika ada, sebaiknya dihindari. Jangan lupa untuk konsumsi air putih secara teratur apalagi jika kulit kita kering akan mudah terjadi dehidrasi (kekurangan cairan),” kata Renobulan.

Selain makanan, Renobulan menyebutkan faktor yang paling sering memengaruhi kesehatan adalah stres. Stres dapat disebabkan karena kurang tidur dan kondisi psikologis lainnya. Stres dapat memengaruhi sistem pencernaan, pernafasan, hormon, dan juga kulit.

“Beberapa orang, jika terjadi stres dapat memengaruhi kulitnya, seperti muncul jerawat dan gatal. Untuk itu, lakukan perawatan kulit yang tepat sesuai dengan reaksi yang muncul,” imbuhnya.

Renobulan menyarankan, untuk mulai memperhatikan masalah apa yang ada pada kulit masing-masing dan menghindari faktor penyebabnya. Masalah kulit biasa terjadi pada profesi yang sering terkena matahari dan banyak kegiatan out door karena sering terpapar sinar matahari UVA  dan UVB, serta radikal bebas.

“Rajin menggunakan sunblock (tabir surya) jika sering terkena sinar matahari, cucilah wajah 2 kali sehari. Namun, masalah kulit juga terjadi bagi mereka yang profesinya sering berada di dalam ruangan karena merasa nyaman dengan suhu ruangan dan tidak peduli pada pola hidup sehat,” pungkas Renobulan. (idc)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *