Cegah Penyakit Saat Musim Hujan Datang

penyakit

LAMANRIAU.COM – Gpriority-Flu, Kudis, Demam Berdarah Dangue (DBD), diare dan penyakit lainnya selalu mengintai kamu saat musim hujan tiba. Nah, kalau sudah terkena penyakit tersebut sudah dapat dipastikan aktifitas yang kamu lakukan juga bisa terganggu, tidak mau kan?

Baca : Rajin Berhubungan Mampu Cegah Penyakit Stroke

Jangan panik dulu, sebab kamu bisa melakukan pencegahannya. Seperti apa pencegahannya? Berikut ini merupakan cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyakit tersebut menyerang tubuh.

1. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat merupakan kunci utama untuk mencegah penyakit datang ke tubuh. Untuk itulah kamu wajib untuk mengkonsumsi buah dan sayur, rajin berolahraga, menjaga kualitas tidur, minum air putih sebanyaknya, hindari minuman beralkohol, berhenti merokok dan kurangi stres.

2. Perhatikan Kebersihan Lingkungan

Kebersihan merupakan sebagian dari Iman. Hadits tersebut tentunya sering kamu dengar saat masih bersekolah. Dan karena hadits itu pulalah kita selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Kenapa harus bersih? Karena dengan menerapkan pola hidup bersih kita akan terhindar dari kuman, virus atau bakteri yang ikut terbawa melalui aliran hujan.

3. Kebersihan Makanan Harus Diperhatikan

Pada musim hujan ini banyak sekali makanan dan minuman yang terkena bakteri. Untuk itulah kamu harus selalu memperhatikan kebersihan makanan sebagai pencegahan penyakit di musim hujan. Cara mencegah penyakit musim hujan, yaitu: pastikan kamu merebus air minum hingga mendidih.

Mencuci bersih buah, sayur dan bahan makanan. Selalu gunakan air bersih dan pastikan makanan yang kamu konsumsi bersih dan sehat. Jaga lingkungan untuk menghindari lalat berkembang biak. Cuci tangan sebelum dan sesudah makan.

4. Hindari Aktivitas Saat Hujan

Hujan dapat turun pada waktu yang tidak terduga, seperti mungkin saat kamu sedang berjalan atau mengendarai motor. Bermain hujan-hujanan mungkin menyenangkan, terutama bagi anak kecil, namun aktivitas ini dapat membuat tubuh rentan terhadap penyakit.

Terkena hujan dalam intensitas yang lebat dan lama dapat membuat daya tahan lemah dan terkena batuk, pilek serta demam. Selain itu, genangan air hujan atau banjir meningkatkan risiko infeksi jamur penyebab penyakit leptospirosis. Leptospirosis adalah kondisi ketika luka terbuka terpapar air, vegetasi, genagangan kotor yang terkontaminasi bakteri leptospira.

Cara mencegah penyakit musim hujan yang paling efektif adalah dengan selalu membawa payung, jaket atau jas hujan untuk mencegah kamu kehujanan.

5. Mencegah Demam Berdarah Dengue

Demam dengue adalah salah satu penyakit paling berbahaya yang dapat berkembang lebih pesat pada musim hujan. Berikut ini adalah cara mengatasi penyakit musim hujan, yaitu: menutup tempat penampungan air untuk mencegah nyamuk aedes aegypti berkembang biak.

Bersihkan atau kuras tempat penampungan air minimal seminggu sekali. Bersihkan selokan atau saluran air. Mengubur atau membuang barang-barang bekas yang dapat menampung air berupa botol, plastik dan kaleng. Jangan biarkan ada tempat penampungan air yang jadi tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti.

Bila perlu, kamu juga melakukan fogging dengan benar atau menggunakan bubuk abate yaitu obat pembunuh jentik nyamuk.

6. Mengkonsumsi Vitamin Tambahan

Vitamin C tambahan wajib untuk kamu konsumsi. Sebab vitamin C tambahan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, namun yang paling penting adalah harus menjalankan pola makan sehat seperti asupan buah dan sayur yang sesuai kebutuhan.

Sumber makanan tersebut sudah dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin secara alami untuk meningkatkan sistem imun serta menjaga kesehatan tubuh secara alami. (hs)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *