5 Makanan Untuk Kesehatan Jantung

5 Makanan Untuk Kesehatan Jantung

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Di era serbacepat seperti sekarang, banyak orang yang terkesan mengabaikan kesehatan jantung. Untuk menjaga kesehatan jantung, sebenarnya bisa didukung dengan makanan tertentu.

Terdapat potensi luar biasa dari makanan yang bisa meningkatkan kesejahteraan kardiovaskular. Dr Vijay Kumar, sr. konsultan ahli jantung intervensi, Ujala Cygnus Group of Hospitals, menjelaskan bahwa makanan super sangat penting untuk kesehatan jantung karena mengandung nutrisi, antioksidan, dan serat tingkat tinggi.

Selain itu, meningkatkan kesejahteraan kardiovaskular dengan mengurangi peradangan, meningkatkan kadar kolesterol, dan mendukung fungsi jantung secara keseluruhan. Berikut lima makanan super yang bermanfaat bagi kesehatan jantung:

1. Ikan Berlemak (Salmon, Makarel)

Makanan super yang ramah jantung adalah ikan berminyak seperti salmon, mackerel, dan sarden. Kaya akan asam lemak omega-3, ini membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi pembekuan darah, dan mengurangi peradangan, sehingga mendukung kesehatan jantung. Mengonsumsi dua porsi ikan berminyak per minggu dapat meningkatkan kesehatan jantung  secara signifikan.

2. Berry (Blueberry, Stroberi)

Kaya akan antioksidan seperti polifenol, vitamin, dan serat, buah beri berkontribusi pada peningkatan fungsi pembuluh darah dan mengurangi stres oksidatif. Menambahkan segenggam buah beri ke dalam pola makan harian bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk mendukung jantung.

3. Gandum

Semangkuk oat gandum bukan sekadar sarapan yang menyenangkan, tetapi juga menjadi pilihan yang menyehatkan jantung. Tinggi serat larut seperti beta-glukan, oat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung. Ini juga memberikan pelepasan energi yang stabil.

Makanan super kaya serat ini juga membantu menjaga kestabilan kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, yang secara tidak langsung bermanfaat bagi kesehatan jantung.

4. Kacang-kacangan (Almond, Kenari)

Padat nutrisi dan mengandung lemak yang menyehatkan jantung, kacang-kacangan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Memilih camilan segenggam kacang-kacangan atau memasukkan biji-bijian ke dalam makanan, dapat memberikan cara yang nyaman dan lezat untuk memprioritaskan kesehatan jantung.

5. Sayuran Hijau (Bayam, Kangkung)

Sayuran ini kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri, dan meningkatkan kesehatan jantung. Memasukkan sayuran berdaun hijau ke dalam makanan sehari-hari akan menambah nutrisi yang menyehatkan jantung.

Ahli jantung sering merekomendasikan untuk memasukkan berbagai makanan super ini ke dalam pola makan seimbang untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews