AS Salah Waktu Lakukan Perang Tarif dengan China?

LAMANRIAU.COM, DAVOS – Amerika Serikat telah memilih dekade yang salah untuk memulai konflik perdagangan dengan China, kata seorang pengembang properti Hong Kong pada acara informal di World Economic Forum.

AS membuka konflik perdagangan dengan China sekitar dua tahun lalu, ketika AS memberlakukan tarif pada panel surya dan mesin cuci China.

Sejak itu, kedua belah pihak telah menempatkan tugas tambahan pada produk masing-masing pada kesempatan yang berbeda. Kebuntuan mereka tampaknya telah memasuki gencatan senjata sementara pekan lalu ketika kedua negara menandatangani kesepakatan perdagangan “fase satu”.

Kesepakatan itu tidak memutar kembali semua tarif yang dikenakan oleh kedua negara pada satu sama lain, tetapi kedua belah pihak sepakat untuk menegosiasikan lebih lanjut bahwa selama putaran pembicaraan perdagangan berikutnya seperti mengutip cnbc.com.

“Saya pikir Amerika memilih perang untuk bertarung dengan China … pada saat yang benar-benar salah,” kata pengembang properti Hong Kong Tan Sri Dato David Chiu, ketua Far East Consortium International, selama diskusi panel di Davos. “Mereka seharusnya memilih perang 10 tahun yang lalu.”

“Hari ini, Cina memiliki 1,4 miliar orang – ekonomi terbesar kedua di dunia,” katanya. “Siapa yang akan mengkonsumsi lebih banyak McDonald dan Coca-Cola daripada China?”

Cina memiliki populasi terbesar di dunia, diikuti oleh India dan AS. Di sisi lain, AS memberikan kontribusi terbesar terhadap pangsa pertumbuhan global, diikuti oleh China.

Di bawah kesepakatan fase satu, China setuju untuk membeli barang-barang AS senilai US$200 miliar tambahan selama dua tahun ke depan. Namun, beberapa analis telah menyuarakan keprihatinan tentang kesepakatan itu, dengan beberapa peringatan itu adalah perjanjian yang “rapuh”.

Beberapa ahli yang berbicara di WEF mengatakan kesepakatan itu adalah “bencana” dan hanya “langkah perantara” untuk memungkinkan ketegangan mereda. (*)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *