Riau  

MURI Solusi Terbaik untuk Ulama Riau

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Dalam upaya menjaga persatuan dan kesatuan ulama Riau di tengah kemelut hasil Musyarah Daerah (Musda) VII MUI Riau yang dianggap tidak sah oleh beberapa ormas Islam dan ulama Riau yang enggan untuk duduk sebagai pengurus dibawah Prof.Dr.Ilyas Husti, Musyawarah Ulama Riau (MURI) adalah solusi.

Baca : Keluar dari MUI, Sejumlah Ulama Riau Siap Deklarasikan MURI

Sebelumnya sejumlah perwakilan Ormas Islam dan ulama telah ke Jakarta mengirim surat petisi hasil Musda VII ke MUI pusat. Mereka minta agar pelaksanaan Musda ulang. Dan  MUI pusat memperpanjang SK pengurus lama kepemimpinan Prof Dr M Nazir Karim MA dan Ustadz Zul Husni Domo S.Ag MA sebagai sekretaris umum.

Menurut salah satu penggagas dan juga Juru Bicara MURI Riau Ustadz Drs H Rasyidi Hamzah dan Ketua Tim Pembentukan MURI Riau Ustadz Mizan Asnawi SE M.Ec.Dev, saat ini perwakilan ormas dan ulama sedang berada menghadap Ketua Umum MUI Pusat KH Miftachur Akhyar.

“Mereka membawa surat yang telah d itandatangani oleh perwakilan ormas dan ulama Riau. Permintaan agar Musda VII ulang dan memperpanjang pengurus lama sampai gelarnya Musda kembali,” kata Rasyidi.

Menurut Mizan Asnawi, jika permintaan dari ormas dan ulama tidak setujui oleh Ketua MUI pusat. Dan tetap mengukuhkan Prof Dr H Ilyas Husti sebagai Ketua MUI Riau yang dianggap cacat hukum, maka MURI segera deklarasikan.

“Sebagai solusi yang terbaik untuk menyatukan ormas Islam dan para ulama agar punya kekuatan dalam membendung arus globalisasi dan kriminalisasi ulama yang akhir-akhir ini marak terjadi. Termasuk dalam tubuh pengurus MUI Riau,” katanya.

Provinsi Riau menurut mereka, saat ini sangat kondusif bawah kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur H Syamsuar dan H Edi Natar Nasution. Untuk mewujudkan visi misi kepemimpinan tersebut, ulama dan ormas Islam harus bersatu padu. Menjaga keutuhan dan kerukunan baik  intern umat beragama, dan antar umat  beragama, maupun umat beragama  dengan pemerintah.

“Jangan ada segelintir orang demi syahwatnya, untuk kepentingan pribadi dan golongan. Bahkan merusak kerukunan yang telah baik dan berjalan sesuai aturan yang telah ada, semoga Riau aman terkendali. Mari kita doakan semoga misi teman-teman ke Jakarta membawa hasil untuk kepentingan kita bersama. Ini demi masa depan Riau,” tutup Mizan Asnawi. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *