WNI di Karantina Natuna Kondisinya Masih Baik, Gejala yang Muncul Adalah Gatal

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU  Kasus virus corona masih menjadi momok negatif negeri ini. Berbagai informasi yang berkembang membuat langkah antisipasi dan penanganan terus dilakukan.

Begitu juga untuk warga negara Indonesia (WNI) termasuk warga Riau yang masih di karantina di Natuna. Hingga saat ini kondisi WNI termasuk masih dalam kondisi baik, namun belum dapat kembali ke kampung halaman.

Proses karantina terhadap 238 WNI di Natuna, Kepulauan Riau itu telah memasuki hari kesembilan. Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Achmad Yurianto menegaskan seluruhnya tak menunjukkan gejala yang mengacu pada pneumonia.

Menurutnya, kondisi mereka secara keseluruhan baik.

“Tidak ada yang demam, sesak nafas, atau gejala lainnya. Justru, gejala yang muncul adalah gatal-gatal. Bukan lantaran 2019-nCoV, tapi masalah air yang digunakan di sana. Tapi sudah ditangani,” paparnya, Selasa (11/2/2020).

Selain itu perkembangan virus corona alias flu Wuhan membuat para mahasiswa Indonesia di Cina menunda untuk kembali ke Negeri Panda. Jumlah WNI di Cina pun kini tinggal sedikit. Di sisi lain, pemerintah membantah bahwa tidak adanya kasus corona di Indoneisa disebabkan alat deteksi yang kurang canggih.

Saat ini, jumlah WNI yang berada di daratan Cina tinggal berjumlah 1.890 orang. Turun drastis dibandingkan data Desember lalu yang mencapai sekitar 16.500 orang. sebagian besarnya adalah mahasiswa termasuk mahasiswa asal Riau.

Seperti diinformasikan sebelumnya, mahasiswa asal Riau yang sedang melakukan studi di Wuhan beberapa waktu lalu menginformasikan dalam kondisi baik. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *