Tahun Ini, Dinas PUPR Pekanbaru Lanjutkan Kegiatan Normalisasi Sungai Sail

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Normalisasi sejumlah aliran sungai bakal berlanjut pada tahun 2024 mendatang. Normalisasi sungai dilakukan Dinas Pekerjaan dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru bersama Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III.

Upaya normalisasi ini merupakan kelanjutan komitmen bersama Dinas PUPR Kota Pekanbaru bersama BWSS III. Keduanya sempat melakukan nota kesepahaman pada tahun 2022 silam.

Kerjasama kedua pihak berlanjut dalam normalisasi sungai untuk penanganan banjir pada tahun 2024 mendatang. “Pada tahun 2024, kerjasama kita berlanjut, satu di antaranya komitmen BWSS III membantu normalisasi Sungai Sail,” terang Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah, Rabu 03 Januari 2024.

Menurutnya, BWSS III juga membantu upaya penanggulangan Parit Belanda di Kota Pekanbaru. Upaya penanggulangan ini untuk mencegah banjir terjadi di Jalan Jendral Sudirman ujung.

“Nantinya Parit Belanda juga mengalami normalisasi,” jelasnya.

Total ada 13 titik dari ratusan titik permasalahan banjir di Kota Pekanbaru yang menjadi kewenangan BWSS III. Ia menyebut kewenangan BWSS III tersebar di aliran sungai yang ada.

“Kita berharap di tahun depan, ada dukungan BWSS III dalam upaya penanganan banjir di aliran sungai,” terangnya.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kepala BWSS III. Mereka membangun komitmen bersama juga dengan instansi terkait perihal permasalahan banjir di Kota Pekanbaru.

“Kita akan melakukan nota kesepahaman kembali, untuk normalisasi Sungai Sail dan aliran sungai lainnya,” terangnya.

Penuntasan permasalahan banjir dilakukan sesuai kewenangan yang ada. Ia menyebut bahwa pembenahan permasalahan ini tidak hanya kewenangan pemerintah kota.

Tapi ada juga kewenangan pemerintah provinsi hingga pemerintah pusat. Pemerintah Kota pun melakukan kerjasama dengan semua pihak agar penanganan banjir berjalan menyeluruh. (Adv)

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews