Lidah Mertua Mulai Diminati, Berikut Pengembangbiakan

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Tanaman lidah mertua saat ini mulai menjadi incaran para pecinta tanaman hias. Tak hanya bentuk daunnya yang menarik, lidah mertua juga tak butuh perawatan khusus sehingga banyak yang berminat memilikinya.

Baca : Bunga Tahi Ayam pun Kini Mulai Dilirik Pecinta Tanaman Hias

Namun, perlu tahu bahwa pertumbuhan bunga ini cukup lambat. Setiap tahun, lidah mertua hanya menghasilkan satu atau dua anakan. Agar tanaman lidah mertua lebih subur dan cepat beranak, ada trik sederhana yang perlu kamu lakukan, yakni stek daun.

Berikut adalah cara sederhana memperbanyak dengan stek daun:

Pilih daun yang sudah dewasa

Pemilihan daun untuk stek daun sangat penting jadi perhatian. Pilihlah daun yang dewasa dan sehat agar proses stek daun mencapai hasil maksimal. Daun yang dewasa ini akan mengurangi risiko cepat busuk sehingga akar tanaman lidah mertua akan lebih cepat tumbuh.

Selain memilih daun yang dewasa, lebih baik jika memilih daun yang berukuran besar agar anakan yang d i hasilkan pun lebih banyak.

Proses cacah daun

Sebelum daun lidah mertua cacah, terlebih dulu daun cuci dan keringkan. Lembaran daun yang sudah bersih kemudian iris dengan pisau yang tajam dan juga steril untuk menghindari kontaminasi.

Ukuran irisan daun cukup 5 cm x 5 cm. Jika ukuran irisan semakin kecil, bisa jadi anakan lidah mertua yang hasilkan pun lebih banyak namun risiko gagal akibat busuknya semakin besar.

Cara meletakkan cacahan daun

Setelah daun selesai cacah, siapkan media arang sekam dengan ketebalan 5 cm di sebuah nampan. Kemudian, basahi arang sekam tersebut. Agar irisan daun tidak mudah busuk, semprotkan larutan fungisida. Setelah disemprot, keringkan irisan daun.

Agar akar cepat tumbuh, bagian pangkal irisan daun celupkan ke larutan hormon perangsang akar sebelum baringkan atas media yang sudah siap.

Jagalah kelembaban dengan menyemprotkan air jika media mulai mengering. Lakukan penyungkupan dengan plastik agar kelembaban lebih stabil.

Pemindahan stek daun ke pot

Setelah tiga minggu dan akar mulai tumbuh, pindahkan irisan daun ke pot dengan media tanam campuran arang sekam, kompos, dan pasir malang. Jaga kelembaban media tanam agar tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah. Tetap gunakan penyungkupan dengan plastik agar kelembaban stabil.

Simpan pot tersebut poada tempat yang teduh atau beri lapisan paranet jika berada pada luar ruangan agar panas matahari tidak langsung mengenai anakan lidah mertua. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *