Ini Dia Sayur dan Buah Efektif Menurunkan Asam Lambung

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Gangguan lambung yang bisa menyerang siapa saja mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Penyakit asam lambung bisa disebabkan oleh pola makan yang buruk. Tidak hanya itu, gaya hidup tidak sehat juga bisa memicu asam lambung naik. 

Penderita asam lambung tinggi biasanya mengalami sejumlah gejala seperti:  Mual dan muntah,  dada terasa panas alias heartburn  Sering bersendawa, mulut terasa pahit  Para ahli kesehatan menyarankan, penderita asam lambung menjalankan diet sehat dan seimbang. 

Buah dan sayur merupakan bahan makanan yang baik dimasukkan dalam menu diet sehari-hari penderita asam lambung. 

Untuk itu perlu diketahui, jenis buah dan sayur tertentu bisa membantu menurunkan asam lambung tinggi.  Berikut buah dan sayur yang efektif menurunkan asam lambung tinggi: 

1. Kangkung dan asparagus 
Mengutip dari Kompas.com, hasil penelitian menunjukkan konsumsi makanan berserat, terutama yang mengandung serat larut bisa membanty mengurangi gejala GERD. 

2. Brokoli      
Brokoli baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Sebab, brokoli mengandung potasium,kalsium, dan sulfur.     Asal tahu saja, kandungan sulfur dalam brokoli bermanfaat sebagai antioksidan dan melindungi lapisan dalam kulit perut. 

3. Kentang    
Sekedar info, makan kentang setiap pagi bermanfaat menetralisir asam dalam perut.   
4. Mentimun   
Melansir dari buku berjudul Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 5 karya Setiawan Dalimartha, mentimun mengandung banyak vitamin dan mineral. 

Buah mentimun mengandung vitamin B dan C. Selain itu mentimun bagian buahnya juga mengandung saponin, isoquercitrin, cucurbaticin, karoten, asam amino, kalisum, fosfor, dan enzim pencernaan.    Kandungan tersebutlah yang membuat mentimun ampuh menurunkan asam lambung tinggi. 

5. Buah pir    
Mengutip dari Grid.id, kandungan pektin dan serat dalam buah pir berperan untuk mencegah asam lambung naik.   

6. Melon    
Mengutip dari Kompas.com, kandungan magnesium dalam melon bermanfaat untuk menurunkan kadar asam lambung tinggi.   

7. Pisang    
Selain efektif menurunkan asam lambung tinggi, pisang juga berperan melapisi kerongkongan yang teriritasi akibat naiknya kadar asam lambung.   

8. Lemon   
Lemon baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung tinggi. Kandungan senyawa aktif dalam lemon mampu menurunkan asam lambung tinggi. ***

Editor: Zulfilmani/sumber kontan.co.id

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *