Tanggap Cepat, BPBD Riau Segera Kirimkan Bantuan ke Daerah Terdampak Banjir

Tanggap Cepat, BPBD Riau Segera Kirimkan Bantuan ke Daerah Terdampak Banjir

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Delapan wilayah di Riau saat ini sedang menghadapi situasi banjir, yaitu Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi (Kuansing), Bengkalis, Siak, Pelalawan, Dumai, Indragiri Hulu (Inhu), dan Rokan Hulu (Rohul).

Dari delapan daerah yang terdampak banjir, empat di antaranya telah mengajukan permohonan bantuan logistik berupa makanan kepada Pemerintah Provinsi Riau. Permintaan tersebut telah segera ditanggapi dan bantuan logistik sudah dikirimkan dengan cepat.

“Permohonan bantuan yang diajukan telah kami sampaikan ke Kuansing, Bengkalis, Rohul, dan Kampar,” ungkap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edy Afrizal, pada Selasa 26 Desember 2023.

Edy Afrizal menjelaskan bahwa bantuan yang telah dikirimkan telah disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan masing-masing daerah terdampak, termasuk Kuansing. Bantuan untuk Kuansing mencakup gula sebanyak 100 kilogram (Kg), sarden sebanyak 96 kaleng, minyak goreng sebanyak 48 liter, selimut sebanyak 100 lembar, kain sarung sebanyak 100 lembar, goodie bag sebanyak 100 lembar, sabun cair sebanyak 408 pcs, dan sabun batang sebanyak 432 pcs.

Edy Afrizal juga menyatakan bahwa pihaknya terus berkomunikasi dengan daerah yang terdampak banjir untuk memastikan kebutuhan yang ada. Diharapkan daerah yang terkena dampak banjir dapat memberikan data dan fakta di lapangan sehingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau dapat merinci bantuan yang diperlukan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Mungkin daerah yang belum mengajukan permohonan berarti masih dapat menangani sendiri. Namun, kita terus melakukan komunikasi. Ini merupakan upaya kita untuk proaktif dalam menangani situasi,” ungkap Edy Afrizal.

Selanjutnya, Edy Afrizal juga menyampaikan bahwa anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau saat ini telah berada dalam kondisi siap siaga. Jika diperlukan, personil tersebut telah bersiap untuk diterjunkan ke lokasi banjir guna memberikan bantuan dan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews