Dongkrak Produksi Beras Riau, BI Lakukan Panen Perdana Padi Demplot Organik di Siak

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Bank Indonesia melakukan Panen Perdana Demplot Padi Organik di Desa Muara Kelantan Kecamatan Sungai Mandau Siak, Senin (3/2/2020).

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Siak, Alfedri, Deputi Bank Indonesia Kpw Siak, Teguh Setiadi, Camat Sungai Mandau serta petani binaan Bank Indonesia.

Deputi Bank Indonesia Kpw Siak, Teguh Setiadi dalam sambutannya mengatakan salah satu program Bank Indonesia adalah membantu masyarakat dalam pengembangan ekonomi. Terutama beras sebagai komoditas utama inflasi daerah.

“Kita buat program padi demplot organik sebagai program unggulan di Kelompok petani di Desa Muara Kelantan untuk percontohan. Kita berharap keberhasilan penerapan teknologi Mikroba Alfaafa diterapkan di seluruh Riau agar dapat mendongkrak produksi beras Riau,” ujar Teguh, Senin (3/2/2020).

Ia mengatakan dengan penerapan Tehnologi Mikroba Alfaafa, produksi padi petani di Muara Kelantan meningkat hingga 18 kali lipat dibandingkan produksi pada biasanya.

“Selain menerapkan Tehnologi Mikroba Alfaafa, Bank Indonesia juga memberikan bantuan berupa bangunan lantai jemur dan pelatihan untuk petani mengenai program tehnologi mikroba Alfaafa dengan fermentasi kotoran sapi sebagai pupuk,” terangnya.

Sementara itu Bupati Siak, Alfedri mengakui bahwa produksi padi di Demplot padi Kampung Muara Kelantan ini meningkat dari biasanya. Yang biasanya hanya menghasilkan dua ton per tahun, sekarang meningkat jadi sembilan ton lebih.

“Hasilnya jauh lebih banyak, produktivitas padinya meningkat dari sebelumnya sekitar dua ton mencapai sembilan ton per hektare setiap panen. Artinya, Demplot Padi Organik binaan BI ini berhasil. Di samping itu, pemupukan dengan pupuk organik ini tentunya juga dapat mengembalikan kesuburan tanah,” ujar Alfedri.

Lebih lanjut Buati berharap, tehnologi Mikroba Alfaafa dapat diterapkan di seluruh daerah Siak selama program pendampingan Bank Indonesia yang akan berlangsung 4 tahun. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *