Palem Kuning, Tanaman Hias Musim Panas

palem kuning

LAMANRIAU.COM – Tanaman palem menjadi salah satu jenis yang banyak jadi pilihan untuk menghiasi halaman rumah. Varian tanaman ini juga sangat beragam dan salah satunya adalah Palem Kuning (Chrysalidocarpus lutescens).

Tak hanya terlihat indah, tanaman ini juga bisa memberi manfaat. Salah satunya adalah mengurangi polusi yang ada di lingkungan sekitar. Apalagi palem kuning merupakan tanaman yang tahan terhadap cuaca panas dan terik matahari.

Baca : Cara Merawat Tanaman Hias Tapak Dara

Tak jauh berbeda dari tanaman palem jenis lainnya. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang kecil memanjang dan runcing. Dedaunan dari tanaman ini tersusun menyirip. Bagian batangnya tumbuh meninggi dengan warna kuning sehingga dikenal dengan nama palem kuning.

Tanaman ini memiliki dedaunan yang berwarna hijau segar. Tak heran jika keberadaannya akan dengan mudahnya membuat suasana lingkungan menjadi terlihat jauh lebih subur. Namun munculnya warna hijau segar ini juga tentu pengaruhi oleh prosedur perawatan.

Ukuran tanaman yang satu ini sangat bervariasi. Bahkan kamu bisa menanam pada tanah sebagai pemanis halaman rumah dan bisa juga dalam pot sebagai tanaman indoor.

Tanaman ini hadir dalam ukuran yang kecil, sedang, hingga besar dan bisa sesuaikan dengan kebutuhan. Tak hanya bisa mengurangi polusi udara, tanaman ini juga memiliki sifat bisa meredam getaran.

Cara Menanam

Jika tertarik merawat tanaman ini sekitar rumah, maka kamu bisa mengikuti prosedur penanaman yang tepat. Berikut adalah cara menanam Palem Kuning :

  • Siapkan bibit tanaman, bisa berupa biji maupun anakan pohon palem.
  • Jika menggunakan biji maka siapkan media penyemaian dulu lalu tunggu hingga biji mengeluarkan tunas.
  • Jika menggunakan anakan, maka pilih anakan dari indukan yang berkualitas.
  • Siapkan pot dan media tanam berupa tanah, pasir, dan kompos.
  • Pindahkan bibit yang sudah siap tanam.
  • Siram dengan air.

Cara Merawat

Tanaman palem bukan jenis tanaman yang sulit perawatannya. Berikut ini adalah cara merawat yang dapat kamu lakukan.

Lakukan Penyiraman

Prinsip pertama dalam perawatan tanaman adalah penyiraman. Tanaman ini membutuhkan cukup air sehingga bisa melakukan penyiraman secara rutin paling tidak dua hari sekali. Jangan memberikan terlalu banyak air karena bisa berpotensi menyebabkan pembusukan tanaman.

Berikan Pupuk

Demi mendapatkan pohon palem yang tumbuh subur, kamu bisa menggunakan pupuk. Pupuk cair organik bisa jadi pilihan tepat untuk berikan pada pohon palem ini. Pemberian pupuk harus lakukan sesuai dosis yang dianjurkan dan tidak boleh berlebihan.

Penyemaian

Penting sekali melakukan penyemaian pada pohon palem agar bisa tumbuh semakin subur. Kamu juga harus membersihkan gulma yang menghambat pertumbuhan pohon palem itu sendiri. Penyemaian ini bisa kamu lakukan secara berkala atau melihat kondisi tanaman.

Antisipasi Hama

Pastikan menjaga tanaman palem dari serangan hama. Amati jika ada tanda-tanda keberadaan hama yang merusak kesehatan daun dan pohon ini secara keseluruhan. Penggunaan pestisida alami bisa jadi pilihan jika serangan hama semakin parah.

Beri Sinar Matahari

Tanaman ini adalah jenis tanaman yang tahan terhadap sinar matahari. Jika menggunakannya sebagai tanaman indoor, maka pastikan untuk mengeluarkan tanaman secara rutin. Berikan kesempatan bagi tanaman ini untuk mendapatkan asupan sinar matahari yang akan membantunya tumbuh lebih subur lagi.

Tanaman yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu rawat sekitar rumah karena punya manfaat yang beragam. Selain memberi keindahan, tanaman ini juga akan memberi kenyamanan bagi penghuni rumah. Pastikan untuk menyesuaikan ukuran pot dengan tanaman agar bisa tumbuh secara optimal. (pls)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *